Berita

Personel Damkar Evakuasi Ular Sepanjang 1,5 Meter yang Sembunyi di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga

SALATIGA – Seekor ular sepanjang kurang lebih 1,5 meter bersembunyi di belakang ruang jaga Satpol PP Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Jalan Diponegoro 1, Salatiga.

Ular jenis ular kopi tersebut kemudian dievakuasi oleh personel Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Salatiga, Sabtu (26/11/2022) sekitar pukul 07.30 WIB.

Kepala Seksi Pencegahan dan Inspeksi Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Salatiga Betty Wahyu Nilla Sari membenarkan adanya ular tersebut.

“Kami menerima laporan tentang adanya ular yang cukup besar di Rumah Dinas Wali Kota, langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi,” jelas Betty, Sabtu.

Betty menjelaskan, ular tersebut bersembunyi di belakang ruang jaga Satpol PP dan berada di kayu-kayu dan antara barang-barang yang tak terpakai.

Personel Damkar berhasil mengevakuasi ular kopi sepanjang 1,5 meter tersebut setelah barang-barang yang ada disingkirkan.

“Sementara ular dibawa ke kantor untuk kemudian dirilis ke habitatnya,” tambahnya.

Betty menduga ular tersebut terbawa arus selokan, kemudian naik ke pekarangan Rumah Dinas Wali Kota Salatiga.

“Kan lokasinya di perkotaan, ular ini paling senang di semak belukar. Di rumah dinas cukup rimbun karena banyak pepohonan,” ungkapnya.

Betty mengimbau pada masyarakat, agar tetap waspada terhadap kemunculan ular, karena saat ini cuaca tak menentu.

“Sekarang sering hujan deras, ular biasa mencari tempat yang lembab dan nyaman.

“Sering-sering bersihkan lingkungan, semak belukar dibersihkan agar ular tidak masuk ke permukiman atau bahkan ke dalam rumah,” kata Betty.

Related Posts

1 of 22,055