PEKALONGAN – Personel Ditsamapta Polda Jawa Tengah diterjunkan untuk membantu warga terdampak banjir akibat luapan air waduk PT. Hardeses di Desa Wangondowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Kamis, 14 Maret 2024.

Direktur Samapta Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Risto Samodra mengatakan sebanyak 21 personel ditugaskan untuk melakukan pembersihan.

Sekaligus membantu mengevakuasi barang-barang milik warga ke tempat aman.

“Personel Direktorat Samapta telah dikirimkan ke Pekalongan beserta truk dan alat-alat yang dibutuhkan untuk membantu evakuasi dan membersihkan lingkungan akibat luapan banjir. Selanjutnya penanganan banjir dikoordinasikan dengan Pemprov Jateng, BPBD dan Pemda Pekalongan ” kata Kombes Pol Risto Samodra, Jumat, 15 Maret 2024.

Selain itu, Polda Jawa Tengah juga menyiapkan bantuan tenaga medis dan trauma healing yang siap diberangkatkan sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Kombes Pol Risto menambahkan untuk rumah yang ditinggal penghuni untuk mengungsi akan dilakukan pengamanan dengan memberdayakan personel Polsek dan Polres setempat.

Sehingga warga yang mengungsi dan meninggalkan rumahnya tenang karena ada penjagaan dari kepolisian.

“Dalam situasi bencana , potensi kriminal tetap ada, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan situasi untuk mengambil barang-barang yang ditinggal warga. Untuk itu, patroli akan dilaksanakan intensif untuk mengeliminir potensi gangguan Kamtibmas,” tegasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Satake Bayu Setianto menambahkan bahwa Polda Jawa Tengah berupaya memberikan bantuan sebagai aksi tanggap terhadap bencana yang terjadi di seluruh provinsi Jateng.

“ Sebagai implementasi dari slogan Polda Jawa Tengah hadir, di siapkan personil beserta bahan bantuan yang di perlukan warga terdampak banjir, terkait penanganan nya di koordinasikan dengan stakeholder terkait,” ungkapnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono