Lamandau – Masyarakat Kabupaten Lamandau yang tergabung dalam petani rakyat Lamandau Sukamara, Selasa (9/1/2024) pukul 09.00 Wib melaksanakan aksi unjuk rasa di depan kantor Pengadilan Negeri Nanga Bulik.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta kelancaran jalannya aksi unjuk rasa, Polres Lamandau, Polda Kalteng melaksanakan pengamanan dan pengawalan.

Pengawalan di berikan langsung dari titik kumpul di hotel Putri Tunggal menunju kantor Pengadilan Negeri Nanga Bulik.

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono, S.I.K menyampaikan selamat datang dan memberikan imbauan kepada peserta aksi unjuk rasa untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

” Kami mohon kepada sauadara saudara sekalian tetap menjaga keamanan dan ketertiban, kami siap memberikan pelayanan kepada semua pihak, agar kegiatan aksi ini dapat berjalan dengan baik. ” ucapnya.

Unjuk rasa yang berlangsung di jalan Bukit Hibul Utara depan kantor Pengadilan Nanga Bulik tersebut koordinator pengunjuk rasa menyampaikan beberapa tuntutan di antaranya yaitu dengan adanya perkara yang sedangan di tangani pengadilan terkait masyarakat Lamandau yang melakukan aktifitas pembukaan lahan perkebunan di dalam kawasan hutan untuk perkaranya di lakukan restorative justice dan di selesaikan secara kekeluargaan.

Mananggapi tuntutan pengunjuk rasa tersebut Wakil ketua pengadilan Negeri Nanga Bulik Evan Setiawan Dese, S.H menyampaikan tanggapannya,
bahwa pengadilan Negeri Nanga Bulik menerima pelimpahan perkara dari Kejaksaan, oleh sebab itu pelimpahan perkara tidak bisa di tolak, untuk perkara sendiri akan di periksa secara obyektif dan semua pihak bisa melakukan pengawalan terhadap perkara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut perwakilan aksi unjuk rasa menyampaikan tuntutan secara tertulis yang di serahkan kepada Wakil ketua Pengadilan Nanga Bulik, aksi Unjuk rasa yang di ikuti oleh perwakilan masyarakat Lamandau, Sukamara dan Kotawaringin barat tersebut sekitar pukul 10.30 Wib membubarkan diri kembali ke wilayah masing masing. (Hms)

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto,  Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kabupaten Lamandau, Pemkab Lamandau @divisihumaspolri @spripim.polri