Semarang –  Provost Polrestabes Semarang melakukan razia kendaraan secara menyeluruh di pintu masuk dan keluar Mapolrestabes Semarang, Kamis (25/7/2024). Razia digelar untuk meningkatkan kedisiplinan anggota Polri dan PNS terkait peraturan lalu lintas.

Inisiatif ini, merupakan bagian dari program “Operasi Patuh Candi 2024”, bertujuan untuk menumbuhkan kepatuhan dan keselamatan lalu lintas yang lebih baik. Kegiatan dipimpin oleh Kasi Provost Kompol Maria Widowati.

Seluruh kendaraan yang masuk, termasuk milik pejabat tinggi, dilakukan pemeriksaan secara teliti. Fokus pemeriksaan meliputi kepatuhan terhadap aturan berpakaian disebut “gampol” serta dokumen penting kelengkapan mengemudi seperti Surat Izin Mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Sebelum pemeriksaan dimulai, Maria menyampaikan kepada timnya, menekankan pendekatan suportif terhadap pemeriksaan tersebut. “Dalam operasi Patuh Candi yang sedang dilaksanakan, sebelum menertibkan yang diluar perlu menertibkan yang didalam terlebih dahulu” ujarnya melalui rilis yang diterima Jumat (26/7).

Dalam pemeriksaan petugas mengidentifikasi satu pelanggaran terkait penampilan seorang anggota polisi. Anggota tersebut dikenakan tindakan disipliner yang terdiri dari 20 push-up sebuah latihan yang dimaksudkan untuk memperkuat standar yang diharapkan dari semua personel.

Maria menegaskan, kegitan Gatiblin ini akan terus dilakukan secara rutin, dengan rencana untuk bervariasi lokasi dan waktu. “Penindakan hari ini terjadi di Makopolres pada pagi hari. Mungkin besok akan kita alihkan Gatiblin ditingkat Polsek,” ujarnya.

Strategi penindakan yang proaktif ini menunjukkan komitmen Polrestabes Semarang dalam menjunjung tinggi kedisiplinan dan memastikan personelnya memberikan contoh positif bagi masyarakat yang dilayaninya Program “Ops Patuh Candi 2024.”

sumber: rri.co

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia