WONOSOBO – Remaja atau warga belum cukup umur diharapkan tidak berkendara di jalan raya jika tak mau terjaring Operasi Zebra Candi 2024.

Operasi Zebra Candi 2024 digelar selama dua pekan, 14-27 Oktober 2024.

Sebelum terjun ke lapangan, personel yang ditugaskan mengikuti apel gelar pasukan di halaman Mapolres Wonosobo, Senin (14/10/2024) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung Kapolres Wonosobo AKBP Donny Lumbantoruan dan dihadiri Plt Bupati Wonosobo Muhammad Albar, bersama jajaran Forkopimda.

Dalam amanatnya, AKBP Donny mengatakan, meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya yang tidak diimbangi perbaikan infrastruktur jalan menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas.

Hal tersebut menjadi salah satu pemicu pengendara melanggar aturan.

“Kemacetan merupakan salah satu pemicu para pengendara melanggar aturan-aturan lalu lintas, misalnya melawan arah, menerobos lampu merah, menggunakan trotoar untuk berkendara, dan tindakan tidak tertib lain yang dapat mengakibatkan kecelakaan,” ungkap Kapolres.

Apalagi, tahun 2024 merupakan tahun politik, dimana digelar pemilihan kepala negara hingga kepala daerah.

Penyelenggaraan pemilu tentunya akan berimplikasi pada meningkatnya potensi kerawanan keamanan dan ketertiban, keselamatan, serta kelancaran berlalu lintas.

Kapolres menambahkan, ada beberapa fokus sasaran penindakan pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra Candi 2024.

“Sasaran penindakan meliputi pengendara di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, melampaui batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, dan over dimension over loading (ODOL), serta penggunaan knalpot brong,” jelasnya.

Donny mengatakan, operasi ini akan lebih mengutamakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat namun pencegahan pelanggaran peraturan lalu lintas juga akan digencarkan.

“Semua ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas.”

“Dan jangan lupa, yang bertugas harus menjalankan secara humanis dan penuh tanggung jawab,” kata Donny.

sumber: TribunBanyumas.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai