November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita

Pilkades Serentak di Demak, Aparat Keamanan Gencarkan Patroli Skala Besar

Demak – Polres Demak bersama Kodim, dan Satpol PP setempat gencar patroli skala besar jelang masa kampanye pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Langkah ini untuk cipta kondisi dan mengawal jalannya tahapan kampanye Pilkades di 183 desa.

Dalam pengamanan kampanye, personel gabungan mengimbau kepada massa pendukung calon agar tetap menjaga situasi Kamtibmas selama giat kampanye berlangsung.

“Pengamanan untuk memberi rasa aman dan nyaman serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kabag Operasional Polres Demak Kompol Sonhaji, Sabtu (8/10/2022).

Masa tahapan kampanye akan dilakukan selama tiga hari ke depan, mulai 8-10 Oktober 2022.

“Dalam pengamanan, kami mengimbau kepada calon Kepala Desa dan massa pendukung calon agar tetap menjaga situasi Kamtibmas selama giat kampanye berlangsung,” ujarnya.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyebutkan, pihaknya didukung Polda Jateng, TNI, Satpol PP dan Linmas serta stekholder siap menyukseskan dan mengamankan Pilkades serentak gelombang I tahun 2022.  Ada pun rencana pengamanan didasari perkiraan keadaan intelijen terhadap segala kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan.

“Sasaran pengamanan kami fokuskan seperti calon dan penyelenggara Pilkades, kotak suara, surat suara, peralatan atau barang yang digunakan sebagai alat penunjang Pilkades, lokasi maupun objek vital lainnya serta kampanye dan pertemuan-pertemuan yang ada hubungannya dengan kegiatan Pilkades,” kata Budi.

Kapolres mengatakan, pada Pilkades serentak gelombang I tahun 2022, jumlah desa yang melaksanakan Pilkades adalah 183 desa yang tersebar di 14 kecamatan. Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkades, Polres Demak melibatkan kekuatan 6.090 personel gabungan.

“Untuk pengaman Pilkades, kami dibantu kekuatan dari Kodim 0716 Demak sebanyak 310 personel, Brimob 60 personel, Dalmas Polda Jateng 30 personel, Polres Kudus 30 personel, Polres Jepara 30 personel, Polres Grobogan 30 personel, Satpol PP 60 personel dan Linmas 5.540 personel,” ujarnya.