Palangka Raya – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, memimpin Taklimat Akhir Audit Kinerja tahap I Itwasda aspek perencanaan dan pengorganisasian tahun anggaran 2024, di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Rabu (29/05/2024) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.IK., M.Si. Irwasda Kombes Pol Ady Soeseno, S.I.K., M.H. , seluruh pejabat utama dan para Kapolres/ta jajaran, serta turut dihadiri Kasubagrenmin Satuan kerja (Satker) dan jajaran Polda Kalteng.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalteng menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar sebagai bentuk penguatan sistem pengawasan terhadap kinerja yang obyektif dan edukatif.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini satker jajaran Polda Kalteng bisa mengetahui, apa yang menjadi kesesuaian antara rencana kerja dan pengorganisasian dengan sasaran, target dan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Djoko juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya audit kinerja ini lebih mementingkan peranan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam memberikan konsultasi dan sebagai penjamin kualitas.

“Jadikan audit kinerja ini sebagai aspek untuk memperkuat penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, serta peningkatan kinerja dan pelayanan publik. Guna mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) bagi jajaran Polda Kalteng,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Djoko berpesan kepada seluruh Kasatker dan Kasatwil jajaran agar segera menindaklanjuti temuan sesuai rekomendasi dari tim audit Itwasda sesuai waktu yang telah ditentunkan.

Sementara itu, Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan bahwa sebelumnya Inspektorat Pengawasan Dalam (Itwasda) Polda Kalteng telah melaksanakan audit kinerja yang dimulai dari tanggal 13 Maret hingga 3 Mei 2024, sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja jajarannya.

“Disamping itu, pelaksanaan audit kinerja ini juga dalam rangka mengetahui sejauh mana Satker dan Satwil jajaran melaksanakan perencanaan, khususnya dibidang manajemen operasioal, manajemen SDM, manajemen logistik, dan manajemen anggaran/keuangan, dengan baik dan benar,” tutup Erlan.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, AKBP Bronto Budiyono