Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita

Plt Bupati Pemalang Sampaikan Pilkades Kertosari Embrio Pemilihan Berbiaya Murah

Pemalang – Pelaksana Tugas Bupati (Plt) Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, memberikan catatan positif untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kertosari, Kecamatan Ulujami. Menurutnya, pilkades ini tidak membutuhkan ongkos politik yang ‘selangit.’

Bahkan, warga ikut berpartisipasi dengan membiayai calon yang didukungnya.

“Tadi saat monev (monitoring dan evalusi) pilkades, ada hal yang menarik dan luar bisa. Calon Kades Kertosari atas nama Supriyanto, justru warganya iuran,” jelas Plt Bupati Pemalang.

Dikatakan oleh Plt Bupati Pemalang, bahwasannya Pilkades Kertosari sebagai wujud partisipasi politik.

“Warga berpartisipasi aktif. Dengan adanya partisipasi aktif, biaya politik dapat ditekan, sehingga dikemudian hari dapat melakukan perubahan di desanya,” kata Plt Bupati Pemalang, melalui sambungan telepon kepada mediakita.co, Minggu (9/10/2022).

Selain monev di Desa Kertosari, Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, juga melakukan monev di Pilkades Kelangdepok.

Plt Bupati Pemalang, juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah menjaga kondusifitas jalannya pilkades. “Alhamdulillah, pilkades tahun ini 2022, berjalan lancar, aman dan kondusif,” ungkapnya.

Senada, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemalang, Bambang Haryanto, bersyukur gelaran politik tingkat lokal (pilkades) berjalan tanpa sedikitpun kendala.

“Pertama saya ucapkan rasa syukur saya kepada Tuhan yang Maha Esa, pelaksanaan pilkades serentak di sebelas desa berjalan dengan lancar. Saat monev tadi, pilkades sangat kondusif, tidak ada friksi antar pendukung,” ujarnya kepada mediakita.co, melalui pesan instan WhatsApp.

Berdasarkan pengamatan mediakita.co, ada fakta menarik di Pilkades Warungpring, yaitu dimenangkan oleh calon kepala desa termuda, dengan usia 25 tahun. Pemuda yang memenangkan kontestasi, bernama M. Kharis Munawir.