SEMARANG – Masyarakat umumnya memiliki anggapan jalur selatan terkenal mulus dan sepi. Atas pertimbangan itu tepat rasanya bila dijadikan rute mudik demi menghindari kemacetan dimana-mana terutama di ruas tol.

Kenyataannya benar. Bahkan pemudik akan mendapatkan bonus cuma-cuma sekali jalan bisa menikmati keindahan alam jalur selatan yang menyuguhkan pemandangan pantai di sepanjang perjalanan.

Namun, ada catatan penting. Jalur selatan ini hingga kini dinilai tidak aman untuk dilalui saat malam hari karena minimnya penerangan dan kondisi jalan yang banyak berkelok dan penuh tanjakan dan tikungan tajam.

Lantas apakah masih aman jika harus berkendara malam hari di jalur selatan Jawa?

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Sonny Irawan, menjelaskan jalur selatan dalam mudik Lebaran 2024 ini akan jadi perhatian. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menambah lampu penerangan yang minim agar jalur dapat aman untuk perjalanan mudik.

“Di sana jalur sudah kita survei. Aman dan siap untuk digunakan mudik. Tetapi, memang rambu-rambu peringatan kurang, dan lampu penerangan jalan minim. Terkait masalah itu, sudah kita koordinasikan dengan Dishub agar menjadi persiapan untuk menjadi kesiapan mempersiapkan jalur mudik,” kata Sonny, Sabtu (30/03).

Dengan kelengkapan jalur yang saat ini akan dilengkapi itu, Sonny memastikan, pemudik yang akan menggunakan jalur selatan tidak perlu khawatir dan bisa aman selama melakukan perjalanan. Ancaman kerawanan kriminalitas juga diperhatikan, pengamanan jalur mudik akan dilakukan maksimal dalam waktu 24 jam selama arus mudik dan balik lebaran ini.

“Pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah mau pun Jawa Timur dapat memilih jalur selatan. Kita pastikan keamanan, kenyamanan, serta demi keselamatan para pemudik, terutama kelengkapan pada jalur mudik dan pengamanan dari ancaman kriminalitas, telah siap. Sehingga, pemudik tidak perlu khawatir untuk melakukan mudik via jalur selatan,” jelas Sonny.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono