SEMARANG – Pengiriman logistik Pemilukada 2024 ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dikawal ketat oleh Sat Brimob Polda Jateng. Upaya ini dilakukan untuk mastikan seluruh surat suara tiba di lokasi tujuan dengan aman dan tepat waktu. Pengawalan ini merupakan bagian dari operasi Mantap Praja Candi 2024, yang fokus pada pengamanan proses Pemilukada.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto menjelaskan, ribuan kotak berisi surat suara dikirim dari PT Gramedia Printing Unit Bandung di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dan pengiriman logistik ini telah dimulai sejak Kamis (17/10/2024).

“Pengawalan dilakukan oleh personel Brimob Polda Jateng yang tergabung dalam Tim Pamwal Subsatgas Pam Obvit. Hari pertama pengiriman dilakukan dalam dua gelombang, mengirimkan logistik ke berbagai KPUD di Jawa Tengah,” ujar Kombes Pol Artanto dalam keterangan resminya di Mapolda Jateng, Jumat (18/10/2024).

Pada gelombang pertama, logistik surat suara dikirim ke KPUD Salatiga, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri pada pukul 10.00 WIB. Gelombang kedua, yang dimulai pukul 12.00 WIB, mengirim logistik ke KPUD Sragen, Karanganyar, Surakarta, dan Sukoharjo. Sementara itu, pada hari Jumat, pengiriman dilanjutkan ke KPUD Demak dan Grobogan.

“Untuk KPUD Demak, kami mengirimkan 156 boks berisi 930.698 lembar surat suara, dan untuk KPUD Grobogan sebanyak 194 boks berisi 1.160.647 lembar,” tambahnya.

Distribusi logistik ini menggunakan tiga armada truk yang masing-masing dikawal oleh personel bersenjata dari Sat Brimob Polda Jateng. Setiap pengiriman juga didampingi satu mobil pengawal dari Sat Brimob dan mobil dinas KPU Jawa Tengah.

“Pengamanan ini dilakukan agar seluruh surat suara tiba dengan baik dan tepat waktu di lokasi tujuan, sehingga tahapan Pemilukada 2024 berjalan lancar tanpa hambatan,” tandas Artanto.

Polda Jateng terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan distribusi logistik Pilkada 2024 di Jawa Tengah berjalan aman dan sesuai jadwal.

Sumber : KILATSOLO.COM

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai