Semarang – Polda Jawa Tengah (Jateng) mulai membuka 142 pos untuk melayani pemudik yang akan melintas di wilayahnya. Selain itu, 12.206 personel gabungan bakal dikerahkan.
“Hari ini anggota kita yang sudah insite di masing-masing posisi 12.206 dengan TNI-Polri dan stakeholder yang lain hari ini kita bagi menjadi 142 pospam, posyan, dan pos terpadu,” kata Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi usai apel gelar pasukan di Makodam IV/Diponegoro, Semarang, Rabu (3/4/2024).

Pos tersebut tersebar dan menjadi cek poin terutama untuk jalur nontol. Pihaknya juga menyatakan akan memberikan pengawalan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Para pemudik nantinya akan dikumpulkan di cek poin tersebut dan akan dikawal secara bersamaan. Pengawalan akan dilakukan secara estafet baik di jalur Pantura, jalur tengah, atau jalur selatan.

“Polda Jawa Tengah akan melakukan pengawalan pemudik roda dua yang disiapkan dari cek poin Brebes berestafet sampai dengan Rembang,” jelasnya.

Meski begitu, Luthfi mengimbau agar masyarakat tak menggunakan sepeda motor untuk mudik. Dia menyebut ada beberapa opsi mudik gratis yang bisa dimanfaatkan pemudik.

“Kita imbau untuk tidak menggunakan roda dua, jadi ada 21 kabupaten/kota yang melakukan mudik gratis yang nanti akan disentralkan di Taman Mini (TMII), jadi ada bus dan kereta api, silakan dimanfaatkan,” tambahnya.

Luthfi juga meminta masyarakat menjaga kondisi fisik dan kendaraannya sebelum berangkat mudik. Dia memastikan pihaknya telah siap untuk mengamankan para pemudik.

“Puncaknya nanti adalah tanggal 6, kita belum bisa menghitung secara gradual (berapa kendaraan yang akan masuk Jateng) karena itu baru survei tapi prinsip kita sudah siap. Jadi anggota kita sudah terbiasa hal itu jadi kalau kepadatan sudah biasa yang penting jangan stuck,” pungkasnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono