SEMARANG – Polda Jateng menginstruksikan kepada Polres Jajaran untuk menjalin kemitraan erat dengan para tokoh agama jelang penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. Upaya ini dilakukan sebagai salah satu cooling system untuk menjaga wilayah Jawa Tengah aman dan kondusif.

“Ajak seluruh tokoh agama untuk silaturahmi Kamtibmas,” terang Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang digelar di Legacy Convention Hall, Plampitan, Kota Semarang pada Kamis, (10/10/2024).

“Para tokoh agama adalah guru kami yang selalu kami harapkan saran dan nasihatnya untuk menciptakan suasana aman dan damai,” imbuh jendral bintang dua tersebut.

Dalam kegiatan ini, dihadiri ratusan peserta termasuk para Pendeta, Pastor, dan pemuka agama Kristen dan Katholik dari seluruh Jawa Tengah. Menurutnya, peran para tokoh agama dalam menjaga keharmonisan di tengah masyarakat yang majemuk, terutama di masa-masa menjelang Pemilukada.

Mantan Kapolresta Solo ini menekankan, keberagaman di Indonesia adalah kekuatan yang harus dijaga, bukan pemicu perpecahan.

“Menjaga kesejukan di tengah situasi politik yang memanas adalah kewajiban kita bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Jawa Tengah, Pendeta Drs. Heru Purwanto, mengapresiasi langkah Kapolda Jateng dan menyatakan dukungan penuh terhadap upaya menciptakan Pemilukada yang damai.

“Gereja tidak berpolitik praktis maupun partisan. Kami mendukung penuh upaya mewujudkan Pemilukada yang aman dan damai,” katanya.

Sumber : KILATSOLO.COM

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai