BANYUWANGI – Skrining terhadap warga yang akan menyeberang ke Bali terus diperketat oleh pihak kepolisian. Senin (20/5) Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto kembali mendatangi Pelabuhan Ketapang untuk meningkatkan level pengamanan di gerbang pintu masuk dari Pulau Jawa itu.

Imam mengaku akan menambah jumlah pasukan yang berjaga di Pelabuhan Ketapang, terutama saat libur panjang akhir pekan mendatang. Libur panjang akan dimulai pada peringatan Hari Waisak, Kamis (23/5) besok.

”Yang perlu kami antisipasi, tanggal 23 adalah hari libur Waisak dan kemudian cuti bersama, lanjut libur sampai Minggu. Kami akan siagakan personel yang cukup di sini,” tegasnya.

Saat ini Polda Jatim menerjunkan tiga satuan setingkat kompi (SKK) di Pelabuhan Ketapang dan sekitarnya. Pihaknya akan menambah 3 SKK (150 sampai 200 personel) untuk melapisi satuan yang telah bertugas di sana.

”Jadi, 3 SKK ditambah 3 SKK lagi dalam rangka penyelenggaraan KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan). Dengan personel 6 SSK ditambah back-up dari petugas di pelabuhan dan termasuk pelibatan TNI. Mudah-mudahan manakala ada peningkatan arus pergerakan pada hari libur, tidak ada hal yang signifikan,” tambah Imam.

Pelabuhan Ketapang terpantau landai dalam lima hari pelaksanaan Operasi Pura Agung 2024. Operasi ini digelar untuk meningkatkan pengamanan di wilayah penyangga di Banyuwangi selama pelaksanaan World Water Forum (WWF) di Bali.

”Alhamdulillah, selama lima hari ini, semua terpantau landai. Peningkatan arus pergerakan baik mobil, motor, maupun orang menuju Bali, tidak ada peningkatan signifikan. Masih normal dan di bawah 10 ribu penumpang per hari,” imbuh Imam.

Pihaknya berharap, kondisi landai tersebut terus berlanjut hingga tuntasnya pelaksanaan WWF pada 25 Mei mendatang. Dalam peningkatan pengamanan, kepolisian juga menambah jumlah kamera pengawas CCTV di wilayah Pelabuhan Ketapang. Baik di area akses masuk maupun area dalam.

”Ada 58 CCTV yang terpasang di area Pelabuhan Ketapang. Tambahan CCTV ini bisa memantau perkembangan,” tandas Imam.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Syamsudin mendukung penuh pelaksanaan WWF ke-10. ASDP juga telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung demi memastikan keamanan warga yang hendak pergi ke Bali.

”Kami sudah persiapkan jauh-jauh hari. Dengan dukungan dari kepolisian, Untuk CCTV aksesnya juga sudah disambungkan dengan Mabes Polri,” jelasnya.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi