Palangka Raya – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat koordinasi (Rakor) bidang operasional sekaligus Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, bertempat di Ballroom Hotel Aquarius Jl. Imam Bonjol, Kota Palangka Raya, Selasa (13/8/2024) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Dr. Rakhmad Setyadi dan dihadiri seluruh pejabat utama Polda, Danrem 102 Panju Panjung, unsur Forkopimda, serta turut diikuti seluruh elemen masyarakat terdiri dari para tokoh adat, masyarakat maupun agama, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan di Provinsi Kalteng.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalteng menyampaikan tujuan digelarnya kegiatan ini ialah untuk bersama-sama menciptakan suasana dan stabilitas keamanan menjelang, saat dan sesudah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 nanti.

“Saya yakin Kalteng bisa melakukan kegiatan kontestasi dalam rangka memilih pimpinan daerah dengan baik. Maka dari itu kita harus bekerjasama semuanya demi terwujudnya Pilkada yang aman dan nyaman serta damai,” ungkap Djoko.

Lebih lanjut, Djoko juga membeberkan terkait kesiapan Polri khususnya Polda Kalteng dan jajaran dalam menghadapi Pilkada 2024 di Prov. Kalteng.

“Ada tiga tolak ukur yang menjadi kesiapan, diantaranyas ialah melakukan pemetaan terhadap potensi gangguan Kamtibmas, Cooling System dan pengamanan tahapan Pilkada,” ujarnya.

Diakhir arahannya, Kapolda mengajak seluruh masyarakat untuk bekerjasama menciptakan suasana kondusif, sekaligus menghindari berita bohong atau hoaks dan Postruth.

“Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini Kontestasi pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2024 dapat terlaksana dengan aman, nyaman, lancar dan sukses,” ungkap Djoko.

Sementara itu, di tempat yang sama Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan bahwa pada rakor kali ini juga dilaksanakan Deklarasi Damai dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, serta Bupati dan Wakil Bupati Prov Kalteng.

Kapolda mengajak seluruh Instansi, elemen masyarakat, partai politik maupun calon peserta untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada Kalteng 2024 aman, nyaman dan sukses.

“Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Damai oleh seluruh partai politik peserta Pilkada, FKUB, TNI-Polri serta unsur Forkopimda setempat,” pungkas Erlan. (adji/sam)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng