November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Wawancara

Polisi dan BPBD Masih Evakuasi Longsoran Tanah di Salatiga

SALATIGA – Polres Salatiga beserta BPBD Salatiga melakukan evakuasi tanah longsor di samping Jalur Lingkar Selatan Salatiga, tepatnya di daerah Kumpulrejo Kec. Argomulyo, Senin (7/11).

Sebelumnya, kawasan didominasi lereng itu mengalami longsor dan tidak ada korban jiwa. Namun, dari kejadian itu jalur pinggir yang merupakan jalan nasional tersebut tersendat.

Sejumlah personil Polres Salatiga dan BPBD Kota Salatiga mengevakuasi tanah longsor untuk memperlancar arus.

“Diharapkan evakuasi lanjutan dapat segera dilakukan supaya tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan,” kata Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Betty Nugroho SH, MH, yang berada di lokasi kejadian bersama Kapolsek Argomulyo AKP Sarwoko SH.

Ia menjelaskan, cuaca hujan deras yang mengguyur Kota Salatiga membuat tanah berada di kawasan lingkar selatan Salatiga itu longsor.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kondisi tanah longsor yang memasuki area jalan raya membuat lalu lintas sedikit terhambat,” tandasnya.

Ia mengatakan, akibat longsoran tanah membuat arus lalu lintas terhambat. Sat Lantas Salatiga membuat rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus untuk menghindari lokasi kejadian, sambil menunggu alat berat untuk evaluasi lebih lanjut.

Terpisah Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH, SIK, M.Si mengapresiasi kecepatan anggota di lapangan dalam menangani kejadian tanah longsor.

“Inilah harapan masyarakat, secara nyata polisi hadir untuk memberikan bantuan di saat-saat krusial, semua demi keamanan, keselamatan dan kenyamanan bersama,” tandasnya Kapolres.

Kapolres Salatiga juga mengimbau bagi seluruh warga Salatiga maupun warga melintas agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Cuaca tak menentu, hujan deras, kondisi struktur tanah dan angin kencang dapat menyebabkan bencana yang terjadi secara tiba-tiba.

“Untuk itu perlu kewaspadaan ekstra, selalu berhati-hati, tetap menjaga kesehatan dan keselamatan pribadi serta keluarga,” tutupnya.