BeritaCurrent IssueJelajah

Polres Banjarnegara Ikuti Lomba Satkamling Tingkat Polda Jateng 2023

BANJARNEGARA, Jateng – Ikuti lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jawa Tengah (Jateng) TA 2023, Satkamling Desa Kaliwinasuh, Kecamatan Purwareja Klampok, Banjarnegara tampil maksimal.

Penilaian lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jateng TA 2023 ini, dilaksanakan pada 5 Juni 2023 malam, dimulai pukul 20.00 wib.

Kapolres Banjarnegara AKBP Era Johny Kurniawan SIK MH dalam sambutannya mengungkapkan jika situasi Kamtibmas diwilayahnya membutuhkan peran serta partisipasi dari masyarakat dalam mewujudkan situasi yang aman.

Polri sangat terbantu dengan keberadaan Pos Satkamling yang ada di Desa, harapannya kedepan hal-hal positif terus berlanjut dan dikembangkan, sehingga Desa teraman ini tidak hanya ada di Desa Kaliwinasuh tapi juga untuk semua Desa di Kabupaten Banjarnegara.

Dijelaskan Kapolres, Satkamling Desa Kaliwinasuh menjadi perwakilan Desa yang maju sebagai wakil dari Banjarnegara pada lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jateng pada tahun 2023.

Dalam penilaian lomba, awak Satkamling juga melaksanakan peragaan ketangkasan tongkat, borgol dan kentongan, selain itu juga dilakukan simulasi pencurian dan penanganan tindakan pertolongan pertama yang kemudian mendapatkan tindakan medis oleh petugas kesehatan.

Masih dalam simulasi, awak Satkamling juga melakukan tindakan pengamanan kepada pelaku pencurian, dan menghalau warga agar tidak main hakim sendiri ketika pencuri sudah berhasil ditangkap, namun melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas, dan membawa pelaku untuk diamankan di Polsek Purwareja Klampok.

Hadir dalam pelaksanaan penilaian lomba, Ketua Tim Penilai Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Jateng AKBP Wahyudi SPd MH, Ia mengungkapkan, dalam penilaian lomba ini tim melihat dan mencocokan dat sesuai dengan aspek penilaian.

Adapun aspek penilaian lomba, masih dijelaskan AKBP Wahyudi SPd MH, meliputi aspek SDM beserta data dukungnya, aspek sarpras, giat poskamling, hubungan masyarakat, serta pembinaan Satkamling dari Kepolisian setempat.

Usai simulasi, AKBP Wahyudi SPd MH kemudian melakukan evaluasi terhadap Pos Satkamling RT 02 RW 04 Desa Kaliwinasuh, evaluasi tersebut meliputi aspek penilaian yang telah disebutksn sebelumnya, serta melakukan pengecekan Pos Satkamling, dengan melakukan diskusi kepada awak Satkamling maupun kepada warga yang ada di lokasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, untuk memaksimalkan hasil, sebelumnya awak Satkamling Desa Kaliwinasuh telah mendapatkan pelatihan, hal ini dilakukan agar awak Satkamling dapat merefresh dan mendapatkan tambahan ilmu baru.

Adapun pelatihan kepada awak Satkamling meliputi: pelatihan P3K dan P3GD dari RS Emanuel Purwareja Klampok, pelatihan penggunaan Alkom HT dari ORARI Banjarnegara, pelatihan baris berbaris dan ketangkasan dari Polsek Purwareja Klampok, dalam latihan dan pelaksanaan lomba tersebut juga turut mendapatkan dukungan kesenian kentongan dari MA AL Hidayah Purwareja Klampok.

Ditemui di lokasi, Bhabinkamtibmas Desa Kaliwinasuh Polsek Purwareja Klampok, Brigadir Mbodo Wisnu Setyoko Aji menjelaskan, Desa Kaliwinasuh maju sebagai perwakilan dari Banjarnegara, yakni Pos Satkamling yang berada di lokasi RT 2 RW 4.

Untuk data statistik warga yang berada di RT 2 RW 4 Desa Kaliwinasuh berjumlah 315 jiwa, dengan Kepala Keluarga berjumlah 111 KK yang terdiri dari 61 rumah.

Lebih jauh Mbodo mengungkapkan, Pos Satkampling yang ada di RT 2 RW 4 ini berdiri sejak tahun 2019 dan telah memiliki fasilitas yang lengkap, adapun invetarisasi barang yang ada di Pos Satkamling ini seperti memiliki dastang listrik, wifie, TV dan speaker.

“Sudah memiliki dastang listrik, wifie, TV, speaker serta memiliki kegiatan yang aktif setiap harinya, seperti jimpitan dan fasilitasi kentongan yang ada di masing-masing rumah warga, bisa disebut Pos Satkamling ini sudah mandiri,” ungkap Mbodo.

Mbodo menambahkan, dari adanya jimpitan yang di koordinir oleh petugas jaga Satkampling, bisa membiayai sendiri kegiatan Pos dan kebutuhan warga, seperti penerangan jalan bagi warga.

Turut hadir dalam lenilaian lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jateng TA 2024, PJU Polres Banjarnegara, SKPD di Lingkungan Pemkab Banjarnegara, Camat Purwareja Klampok Drs Susanto, Pjs Danramil Purwareja Klampok Kapten Inf Koko Suwarko yang diwakili Pelda Naslim, Kapolsek Purwareja Klampok AKP Partono SH beserta Kapolsek di sekitar Kecamatan Purwareja Klampok, Kepala Desa se-Kecamatan Purwareja Klampok, Ketua MWC NU Purwareja Klampok, serta tamu undangan lainnya.

sumber: banjarnegaraku

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Pati, Polres Batang, Polres Humbahas, Polda Sumut, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, AKBP Hary Ardianto, Polres Banjarnegara

Related Posts

1 of 22,160