BANJARNEGARA – Satlantas Polres Banjarnegara mengimbau sopir kendaraan besar tujuan Dieng menghindari jalur tanjakan Desa Bakal, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Larangan ini disampaikan untuk menghindari kecelakaan seperti yang menimpa minibus pembawa rombongan wisatawan asal Jakarta di Bukit Barisan Desa Bakal, Minggu (26/5/2024).

“Rencana ke depan, kami akan melakukan evaluasi jalur,” kata Kasat Lantas Polres Banjarnegara Iptu M Bimo Seno kepada wartawan, Selasa (28/5/2024).

Bimo mengatakan, kendaraan besar yang akan menuju Dieng via Banjarnegara atau sebaliknya, akan dialihkan ke jalur lain yang lebih aman.

Pasalnya, lokasi kecelakaan minibus medannya cukup ekstrem.

Lokasi tersebut memiliki banyak tanjakan dan kelokan.

“Kami imbau, kendaraan minibus dan yang berpenumpang lebih dari empat, untuk lewat jalur yang lebih aman karena kontur atau medan jalan (di lokasi kecelakaan) yang sulit,” ujar Bimo.

Bimo juga mengimbau pengemudi mengatur kecepatan dan memastikan kondisi rem dalam kondisi baik guna mencegah kecelakaan.

“Kami mengimbau agar mengatur kecepatan, pengereman setiap akan berkendara juga harus dicek terlebih dulu,” kata Bimo.

Diberitakan sebelumnya, sebuah minibus mengalami kecelakaan tunggal saat menuruni tanjakan Bukit Barisan Desa Bakal, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Minggu.

Akibatnya, minibus terguling dan mengakibatkan empat penumpang dirawat di rumah sakit.

Minibus bernomor polisi B 7320 CAA ini membawa rombongan 19 wisatawan asal Jakarta yang berkunjung ke kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kecelakaan bukan dipicu rem blong tetapi sopir yang tidak menguasai medan.

sumber: TribunBanyumas.com

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Nanang Haryono, Jawa Tengah, Jateng