Jembrana – Kepolisian Resor (Polres) Jembrana telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengurai antrean kendaraan saat arus mudik menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Sebanyak enam kantong parkir disiapkan mengantisipasi membeludaknya kendaraan.

“Persiapan arus mudik kami sudah matang. Ada enam pos yang didirikan, yaitu empat pos pengamanan, satu pos pelayanan, dan satu pos pelayanan terpadu,” ungkap Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto ditemui detikBali, Senin (1/4/2024).

Endang juga menjelaskan Polres Jembrana telah menyiapkan beberapa cara bertindak (CBT) untuk mengantisipasi berbagai situasi saat arus mudik. Selain itu sekitar 400 personel lebih disiagakan untuk memberikan pengamanan saat Lebaran.

“Sebanyak 400 lebih personel dikerahkan untuk memberikan pengamanan selama Lebaran. CBT ini disiapkan untuk situasi normal, padat, dan sangat padat,” ujar Endang.

Dari enam kantong parkir yang elah disiapkan, perinciannya, empat kantong parkir untuk truk sumbu tiga yang melintas saat masa pembatasan kendaraan. Kemudian, dua kantong parkir untuk kendaraan pribadi dan sepeda motor saat situasi sangat padat.

“Perbedaan jelas ada saat tahun lalu, karena kami menyiapkan tim untuk membangunkan sopir ketika antrean lama. Biasanya pemudik tidur sembari menunggu antrean. Kami namakan Patroli Setrika karena mereka akan bolak-balik mengecek sopir yang tertidur,” papar Endang.

Selain itu, Endang melanjutkan, polisi juga telah menyiapkan tiga gang di area Terminal Kargo Gilimanuk untuk mengurai antrean kendaraan dan tidak memenuhi jalur Denpasar-Gilimanuk.

“Ada tiga gang yang mengarah ke Pelabuhan Gilimanuk kami manfaatkan. Gang pertama digunakan untuk sepeda motor, gang kedua untuk kendaraan yang memiliki tiket, gang ketiga untuk kendaraan yang membeli tiket on the spot,” jelas Endang.

Endang memprediksi akan ada peningkatan pemudik hingga 30 persen pada tahun ini. Namun, pihaknya sudah melakukan antisipasi dan ASDP juga sudah menyiapkan empat armada kapal besar yang akan disiagakan di dermaga IV Pelabuhan Gilimanuk.

“Jalurnya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, namun kami akan memperkuat anggota untuk memberikan informasi kepada pemudik agar tidak kebingungan,” pungkas Endang.

sumber : detikbali

 

Polda Bali, Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., Kabidhumas Polda Bali, Polres Jembrana, Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.Si., Lapor Ngabuburit Bli