BANYUWANGI – Menjelang pelaksanaan perhelatan internasional Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 di Bali, yang akan berlangsung pada tanggal 1-5 September, Polresta Banyuwangi meningkatkan pengamanan melalui patroli di pesisir selatan Pelabuhan Rakyat Pesanggaran pada Jumat (30/8/2024).

Patroli yang dilakukan oleh Polsek Pesanggaran ini fokus pada pengamanan di pelabuhan rakyat. Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan konferensi internasional tersebut di Bali.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.k., M.Si, melalui Kapolsek Pesanggaran, AKP Lita Kurniawan, menjelaskan bahwa patroli ini merupakan tindakan preventif sekaligus upaya membangun komunikasi dengan masyarakat setempat untuk turut menjaga keamanan wilayah pesisir.

“Patroli ini adalah langkah strategis untuk memastikan bahwa pelabuhan dan pesisir di wilayah Pesanggaran tetap aman dari potensi ancaman atau aksi yang menolak pelaksanaan IAF dan HLF-MSP di Bali,” ujar AKP Lita.

Kanit Samapta Polsek Pesanggaran, Ipda Darmo, yang memimpin langsung patroli tersebut, menambahkan bahwa pendekatan melalui dialog dengan tokoh masyarakat dan para nelayan menjadi bagian penting dalam patroli ini. Warga diminta untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya forum internasional tersebut.

“Kami menjelaskan kepada warga pentingnya peran serta mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama event internasional berlangsung,” terang Ipda Darmo.

Selain memberikan himbauan, Polsek Pesanggaran juga membagikan nomor ponsel kepada warga agar komunikasi dan penyampaian informasi dapat berlangsung cepat jika terjadi situasi tak terduga.

Pengamanan event internasional ini didukung oleh berbagai instansi terkait yang berkomitmen untuk menciptakan keamanan di pelabuhan dan pesisir selama berlangsungnya IAF dan HLF-MSP di Bali.

“Kami memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya IAF dan HLF-MSP ini,” tegas Ipda Darmo.

Sumber : timesindonesia.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono