Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Pospam Simpang Klampok Banjarnegara, Layani Vaksinasi Bagi Pemudik dan Masyarakat

BANJARNEGARA – Pos Pengamanan Operasi Candi Simpang Klampok Banjarnegara, selain bertugas pengamanan lebaran juga digelar vaksinasi 1, 2, dan Booster.

Pemberian vaksinasi ini berlaku bagi masyarakat Banjarnegara pada khususnya dan masyarakat yang melintas pada umumnya.

Pada Pos 1 Operasi Candi 2022 Polres Banjarnegara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banjarnegara menyediakan vaksin 1, 2 maupun booster.

Sedangkan pada momen lebaran dan arus balik, Polres Banjarnegara membuka layananan vaksinasi bagi pengguna jalan, baik pemudik maupun masyarakat yang melintas di Pos 1 Simpang Klampok di jalur barat Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH melalui Kompol Agus Triyono, SH Kepala Bagian Logistik (Kabag Log) Polres Banjarnegara, saat dilokasi mengatakan, layanan vaksinasi ini dilakukan tidak hanya di Pos 1 saja melainkan diseluruh Pos pengamanan Mudik Lebaran 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang ada di Banjarnegara.

“Layanan vaksinasi ini kita gelar di pos terpadu Alun alun Banjarnegara, pos Klampok, pos Mandiraja dan pos lainnya termasuk di lokasi wisata Dieng, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banjarnegara,” jelasnya kepada banjarnegaraku.com.

Selain layanan vaksinasi, Pos Operasi Ketupat Candi 2022 ini petugas juga melakukan pengamanan serta memberikan pelayanan kepada para pemudik, seperti informasi perkembangan situasi Kamtibmas.

Lebih jauh Kompol Agus Triyono, SH menambahkan untuk layanan vaksinasi yang dilakukan di Pos 1 simpang Klampok Banjarnegara ini dari hari ke hari grafiknya mengalami peningkatan.

“Untuk hari ini (7 Mei 2022-red) capaian vaksinasi di gerai vaksin Pos 1 Simpang Klampok menyasar kepada 302 orang, hari ini sebagai petugas kesehatan dari Puskesmas 2 Bawang,” tambahnya.

Kompol Agus menuturkan, layanan vaksin pengguna jalan ini dilakukan kepada masyarakat yang melintas, khususnya pengendara sepeda motor, ditanya apakah sudah melakukan vaksinasi atau belum, baik dosis 1, 2 maupun tiga atau booster.

Kegiatan ini juga untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat pengguna jalan yang belum mendapatkan vaksin atau juga masyarakat yang tidak sempat untuk datang ke gerai gerai vaksin yang ada seperti di Puskesmas atau layanan kesehatan lain.

Sementara itu, Ka Pos Pam 1 Simpang Klampok Banjarnegara, Iptu Walidi SH menuturkan untuk petugas jaga terdiri dari Personil Polres Banjarnegara, Kodim 0704 Banjarnegara, Dishub Banjarnegara, Satpol PP Banjarnegara, Dinas Kesehatan, dan Banser.

“Setiap hari kita adakan layanan vaksinasi di Pos 1 Simpang Klampok Banjarnegara, isyaallah sampai besok (8 Mei 2022), untuk petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan yang menugaskan Puskesmas untuk bergantian tiap harinya, hari ini dari Puskesmas 2 Bawang,” tambahnya.

Diketahui Operasi Ketupat Candi 2022 adalah operasi terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang dilaksanakan selama 12 hari yakni dimulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

Iptu Walidi SH juga mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Masih dilokasi yang sama Kapolsek Purwareja Klampok AKP Partono SH menambahkan, untuk layanan masyarakat di Polsek Purwareja Klampok selama libur lebaran juga terus dilakukan.

“Untuk pelayanan SKCK, surat kehilangan maupun pelayanan masyarakat kita stand by kan personil, sekarang juga sudah mulai di izinkan untuk kegiatan hiburan masyarakat di lokasi hajatan, namun pihaknya tetap mensosialisasikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” pungkasnya.