BANJARNEGARA – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Desa Wisata Pagak Kecamatan Purwareja Klampok, Rabu, 3 Januari 2024. Kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menunjukkan dukungan kepada masyarakat desa. Masyarakat Desa Pagak tampak sangat antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Ribuan orang berkumpul di sepanjang jalan menyambut orang nomor satu di Indonesia tersebut dengan penuh kegembiraan.

Kedatangan Jokowi di Banjarnegara untuk menemui Kepala Desa se-Kabupaten Banjarnegara guna memberikan dukungan untuk pembangunan masyarakat desa.

Di sela-sela kunjungan, Jokowi mengunjungi stand/expo gelar produk UMKM dan teknologi tepat guna yang disiapkan oleh Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara. Jokowi tertarik dengan inovasi mesin pengolah limbah plastik menjadi BBM. Mesin ini memanfaatkan Teknologi Faspol 5.0. yang merupakan sebuah inovasi dari mesin fast pyrolosis, dimana teknologi tersebut mampu mengubah sampah plastik menjadi energi baru dalam bentuk bahan bakar minyak (BBM).

Kepada Presiden Jokowi, Budi Wahyono, S.E., selaku Kepala Bidang Koperasi UKM Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara menjelaskan bahwa mesin tersebut merupakan salah satu karya putra Banjarengara, yakni mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM.

Disamping itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga telah mendukung penelitian serta kajian untuk pengolahan mesin ini dalam berbagai aspek dan bahkan BRIN juga memfasilitasi hak paten untuk merek mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM.

“Mesin ini juga telah berhasil meraih nominasi dalam Innovative Government Award (IGA) 2023 oleh Kementerian Dalam Negeri,” kata Budi Wahyono.

Mendengar informasi tersebut, Jokowi memberikan apreasiasi positif terhadap inovasi yang luar biasa tersebut. Dengan penuh antusias, beliau berpesan untuk terus menindaklanjuti serta mengembangkan mesin ini.

“Ini bukan hanya menjadi contoh inovasi yang cerdas tetapi juga menciptakan solusi berkelanjutan dalam menghadapi permasalahan sampah plastik, serta tentunya mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya.

Pengelola Bank Sampah Banjarnegara, Budi Trisno Aji menambahkan, perlu dukungan berbagai pihak terkait regulasi penanganan sampah plastik yang nantinya terintegrasi dengan proses teknologi yang mampu menghasilkan produk berupa bahan bakar alternatif yang sudah dilakukan uji lab dan uji kendaraan pada laboratorium terakreditasi internasional, sehingga proses bisa berkelanjutan dan bermanfaat untuk masyarakat, terutama petani dan nelayan.

Budi Trisno Aji adalah pegiat lingkungan dan inovator. Warga Desa Kasilib Kecamatan Wanadadi ini mulanya melihat problem sampah yang tak bisa diproses, sehingga mendorongnya melakukan inovasi. Ia mengubah mesin pengolah sampah menjadi bahan bakar minyak (BBM). Budi yang bergerak di bank sampah sejak 2014, terus berkreasi agar sampah plastik tidak hanya dimanfaatkan untuk kerajinan tangan saja. Melainkan ada nilai jual yang lain. Dengan inovasinya, sampah plastik rumah tangga bisa diolah lebih banyak lagi. Dirinya juga melibatkan belasan anak muda untuk mengembangkan usaha tersebut.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng