PURWOREJO – Polres Purworejo menangkap seorang pemuda berinisial AN (24) yang melakukan aksi penjambretan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pemuda asal Kabupaten Wonosobo itu rupanya telah beraksi sebanyak lima kali.

Dua kali di wilayah Kabupaten Wonosobo dan tiga kali di Kabupaten Purworejo.

Namun, aksi terakhir tersangka AN di Jalan Kemiri-Wonosobo berhasil digagalkan warga dan diserahkan kepada polisi.

Kini, pelaku yang mengaku melancarkan aksi penjambretan untuk bermain judi online itu, harus mendekam di balik jeruji besi.

Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo, menyampaikan aksi tersangka dilakukan pada Senin (12/2/2024) di Jalan Kemiri-Wonosobo, Desa Winong, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Adapun korban dalam aksi itu adalah AMP, seorang ibu rumah tangga warga Kecamatan Bruno, usai mengantar anak sekolah dengan mengendarai sepeda motor.

AKBP Eko menyebut, modus tersangka adalah menghentikan korban dengan berpura-pura menanyakan arah jalan.

Kemudian ketika korban lengah, tersangka langsung merebut dompet korban yang diletakkan di dashboard sepeda motor.

“Jadi kronologisnya, setelah korban mengantarkan anak sekolah, tiba-tiba ia dihentikan oleh tersangka. Dengan cara dipepet dan berpura-pura menanyakan arah jalan ke Purworejo,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, ketika korban berhenti untuk menjawab pertanyaan tersangka. Secara tiba-tiba tersangka langsung merebut dompet korban dan melarikan diri ke arah timur.

Korban yang sadar dompetnya dijambret lantas bergegas mengejar tersangka sambil berteriak minta tolong.

“Tersangka berakhir diamankan warga saat gagal melarikan diri karena terjebak kemacetan di depan Pasar Winong. Warga pun menyerahkan tersangka ke pihak kepolisian,” ungkapnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono