Semarang – Sebanyak 22 orang dari berbagai daerah diduga menjadi korban penipuan oleh seseorang yang bekerja dalam bidang penyaluran tenaga kerja.

Termasuk Ali Mustari, 49, warga Tingkir, Kota Salatiga, impiannya untuk bekerja di Amerika pupus lantaran orang yang membawa uang tersebut telah kabur, dan tidak diketahui jejaknya.

Merasa tidak terima, Ali Mustari mendatangi dan melaporkan kejadian ini terkait dugaan penipuan ke Polrestabes Semarang, Senin (18/3/2024).

Ali juga membawa berbagai perlengkapan bukti-bukti salah satunya, kuitansi pembayaran uang.

Pembunuh prostat ditemukan! Para Pria Harus Membacanya Sekarang!
Radang prostat takut akan ini! Resepnya yang lama dirahasiakan
Sedangkan pihak yang dilaporkan bernama Yuniarto Utomo, yang berumah tinggal, sekaligus ditempati sebagai perkantoran di Jalan Karangrejo, persisnya belakang Kantor PLN, Jatingaleh.

Ali Mustari, korban dalam dugaan kasus penipuan ini mencapai puluhan.

“Korban di grup saya cukup banyak, ada sekitar 22 orang. Itu memang bervariasi, ada yang Rp 150 juta, ada Rp 160 juta. Kalau ditotal sekitaran Rp 2,3 miliar. Itu nanti belum lagi, nambah nambah. ungkap Ali Mustari, kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (18/3/2024).

Ali menyebutkan, korban dari berbagai daerah, Gresik, Bojonegoro, Kendal, Pekalongan, Tegal, Jakarta, Medan, Jawa Barat.

Pihaknya juga mengatakan, para korban sebenarnya sudah melaporkan ramai-ramai ke Polda Jateng pada November 2023.

“Dari Polda disposisi ke Polrestabes Semarang, karena itu masuk wilayah Polrestabes Semarang. Akhirnya kita laporan kesini. Sebelum saya, ada yang sudah melaporkan ke Polrestabes juga,” sambungnya.

Pria bapak-bapak ini membeberkan, menjadi korban penipuan bermula saat ingin kerja ke Eropa, setelah melihat postingan di media sosial Facebook dan Instagram, oleh Yuniarto Utomo, pada tahun 2022.

Postingan tersebut terkait penyaluran tenaga kerja di Asia dan Eropa.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono