SEMARANG – Sebanyak 90 tahanan Polrestabes Semarang mengikuti Salat Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah di dalam jeruji besi pada Rabu (10/4).
Meski hanya mengenakan celana pendek, para tahanan ini sangat antusias mengikuti Salat Id yang dimulai pukul 06.30 WIB dengan berkumpul di halaman tahanan.

Mereka mendengarkan arahan Imam dan khotbah Khotib dari speaker yang terhubung dengan Masjid Al-Hidayah Polrestabes Semarang.

Usai ibadah Salat Id, para tahanan langsung saling bersalaman, berpelukan dan saling memaafkan serta mengucapkan Selamat Idul Fitri.

“Alhamdulillah senang banget diizinkan ikut Salat Id bareng rekan-rekan. Terima kasih pak polisi, terima kasih, semoga saya bisa cepat pulang kumpul sama istri dan anak-anak”, ujar Ari, salah seorang tahanan.

“Yang ada hanya ingat rumah sama keluarga mas. Bersyukur tadi bisa ibadah Salat Id meski tanpa mereka, semoga ibadah saya diterima oleh Tuhan di dalam sini”, kata Galih, tahanan lain.

Selain salat id, para tahanan ini juga diberikan izin menerima kunjungan keluarga dan kerabatnya di dalam halaman tahanan. Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Irwan Anwar menyebut ibadah termasuk Salat Id adalah hak para tahanan yang wajib diberikan oleh pihaknya.

“Wajib kami penuhi dan fasilitasi. Ikut senang dan bersyukur kalau ibadah mereka itu tekun dan khusyuk, apalagi mereka ingin cepat berubah kembali ke jalan yang benar”, ungkap Irwan.

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng