Jepara – Polres Jepara | Kepolisian Resor (Polres) Jepara, Polda Jawa Tengah, memastikan siap untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan rapat koordinasi lintas sektor (Linsek) operasi kepolisian kewilayahan yakni Mantap Praja Candi 2024 di Ballroom Lucca Resto (Eat And Meet), pada hari Senin (19/8/2024).

Langkah tersebut guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada serentak.

Kegiatan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang diwakili oleh Wakapolres Jepara Kompol Edy Sutrisno ini, menghadirkan sejumlah instansi terkait, termasuk Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto, jajaran Forkopimda Jepara, KPU, Bawaslu, jajaran TNI-Polri dan Pemda serta para tokoh masyarakat dan perwakilan dari berbagai partai politik.

Dalam sambutannya, Wakapolres Jepara menyampaikan, ucapan terimakasih dan apresiasi atas sinergitas, koordinasi, komunikasi diantara TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu hingga instansi terkait lainnya, sehingga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Jepara tetap Kondusif.

“Keberhasilan kita tentu tak terlepas dari bagaimana kita jalin komunikasi hingga pada akhirnya berkolaborasi secara bersama-sama di lapangan untuk menciptakan kondusifitas guna menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024,” ujarnya.

Kompol Edy Sutrisno berharap dengan komitmen bersama antara semua pihak, Rakor Linsek Operasi Mantap Praja Candi 2024 berhasil menyusun langkah strategis yang akan diambil dalam rangka memastikan pelaksanaan Pilkada serentak berjalan aman, damai, dan sukses. Sinergi yang terus dipupuk dan diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Jepara selama proses Pilkada berlangsung.

Sebelum menutup sambutannya, Wakapolres menekankan terkait persiapan semua kekuatan, baik personel, peralatan maupun CB terpilih sesuai ketentuan yang berlaku.

Mantan Wakapolres Kendal ini menyebut, para penyelenggara Pemilu masing-masing KPU dan Bawaslu dan TNI-Polri harus netral sesuai aturan hukum atau peraturan yang telah ditetapkan.

“Sinergitas Lintas Sektoral ini harus terus ditingkatkan, dikarenakan hal ini merupakan kunci keberhasilan terselenggaranya Pilkada serentak tahun 2024 ini dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.

Senada dengan Wakapolres Jepara, Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto menekankan bahwa TNI tetap akan berdiri di atas Netralitas dan tidak akan melibatkan diri dalam politik praktis. Beliau menegaskan bahwa seluruh personel TNI akan siap mendukung Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung.

“Kodim 0719/Jepara mengerahkan personel untuk mendukung pengamanan Pilkada di wilayah Jepara, Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan damai,” ujarnya.

Sementara itu dalam keterangannya Kasi Humas Polres Jepara Iptu Rusiyanto menyatakan seluruh personil Polres Jepara siap melaksanakan tugas dalam Pilkada Serentak 2024 secara Profesional.

Iptu Rusiyanto menambahkan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa seluruh personil Polres Jepara siap menghadapi tantangan dalam Pilkada Serentak 2024 secara Profesional, kami ingin setiap anggota memiliki pemahaman yang jelas dan mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka, serta mampu berkoordinasi dengan baik. Ini adalah komitmen kami untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung,” ucapnya.

Seperti diketahui, Rakor Linsek ini menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergitas antara TNI, Polri, Pemda dan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024. Dengan semangat kebersamaan, diharapkan Pilkada kali ini dapat berlangsung aman, damai, dan menjadi landasan kuat bagi kemajuan Indonesia.

 

Polres Jepara, Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pemkab Jepara, Kabupaten Jepara, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Jepara, Polisi Jepara, Wahyu Nugroho, Artanto, Ribut Hari Wibowo