BANYUWANGI – Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara serentak 2024 semakin dekat.

Untuk menciptakan Pemilukada 2024 yang damai, aman dan kondusif, Polresta Banyuwangi pun melakukan berbagai langkah dan upaya.

Salah satunya melaksanakan rakor Sispamkota di ruang Command Center Polresta Banyuwangi, Selasa (13/8/2024)

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si yang diwakili Kabag Ops Kompol Idham Khalid saat membuka rapat koordinasi (Rakor) yang mengingatkan kepada semua pihak bahwa Pemilukada 2024 akan membawa banyak problematika dan tantangan.

Oleh karenanya diperlukan persiapan yang matang,terencana, terukur dan tepat agar proses demokrasi berjalan aman dan damai.

Sebelum simulasi Sispamkota kita gelarkan nanti , kita lakukan rakor terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran situasi dan kondisi , ” Ujar Kompol Idham.

“Kondisi Banyuwangi dari geografis yang luas dan jumlah penduduk yang terdiri dari bermacam suku dan agama ini tentunya juga harus kita pikirkan,” Tandas Idham

Selanjutnya Kompol Idham mengatakan “Kita harus pastikan bahwa semua bentuk dukungan dan partisipasi semua pihak diperlukan demi suksesnya pilkada serentak 2024 ini.

Dalam menghadapi pesta demokrasi di Banyuwangi ini lanjut Kompol Idham akan menggelar Sispamkota dengan sandi Operasi Mantap Praja Semeru 2024.

“Sispamkota ini akan kami laksanakan bersama satuan wilayah Banyuwangi yang tentu dengan dukungan dari TNI, Instasi terkait serta mitra kamtibmas lainnya,” jelas Kompol Idham

Dijelaskan pula oleh Kompol Idham , tujuan Sispamkota adalah untuk memberikan gambaran simulasi pengamanan seluruh tahapan Pemilukada dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung dengan penegakan hukum.

Dalam Sispamkota ini, Polresta Banyuwangi akan mengerahkan personel gabungan lebih kurang sebanyak 750 personel yang terlibat dalam sispamkota dan akan kita gelarkan peralatan yang mendukung.” Ungkap kompol idham

Sebelum operasi itu dilaksanakan, Kompol Idham mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai upaya seperti kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sebagai upaya colling system.

“Colling system kami laksanakan untuk mencegah potensi konflik dan antisipasi perpecahan di masyarakat,” ujar idham

Kompol Idham berharap dengan kegiatan rapat koordinasi ini dapat memyamakan persepsi dan menyukseskan Sispamkota dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Praja Semeru 2024.

Diharapkan pula pada setiap tahapan Pemilukada 2024 ini dapat berlangsung aman, lancar dan Damai. “Berkat sinergitas yang solid, Kamtibmas di Banyuwangi hingga saat ini relatif kondusif,” ujar Kompol Idham

Pada Rakor Sispamkota ini dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polresta, Kapolsek Jajaran Polresta Banyuwangi, Forkopimda, Komisioner KPU dan lintas sektoral

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono