BANYUWANGI – Sebuah rumah di Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi terbakar, Kamis (11/7/2024). Api diduga berasal dari hal sepele, yakni putung rokok yang menyambar benda mudah terbakar.

Komandan Regu Damkar Sektor Genteng Sutikno menjelaskan, kebakaran terjadi di rumah Heni Murcahyono (53) di Dusun Krajan. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.16 WIB.

“Informasi yang dihimpun tim Damkarmat (Dinas Pemadam dan penyelamatan, kebakaran dipicu oleh putung rokok yang sebelumnya dinyalakan oleh pemilik rumah,” kata Sutikno.

Sang pemilik rumah diketahui merokok di sofa yang ada di rumah tersebut. Ia kemudian membuang putung rokok sisa yang masih menyala ke tempat yang mudah terbakar.

Bara pada putung rokok menyebabkan munculnya titik api. Tak lekas ditangani, titik api berubah menjadi kobaran yang mengenai bagian-bagian lain dari rumah.

“Api kemudian membakar hingga menjalar ke seluruh bagian rumah,” tuturnya.

Rumah tersebut juga berisi alat-alat untuk menambal ban. Termasuk bahan bakar yang biasa dipakai untuk melelehkan ban yang ditambal. Bahan bakar ini membuat api makin mudah membesar.

Beruntungnya, tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sutikno menyebut, pemilik rumah mengidap gangguan kejiwaan.

Petugas pemadam mendapat informasi kebakaran tersebut dari warga lain yang berada di dekat lokasi. Laporan pertama diterima sekitar 20 menit pascakebakaran.

Tim pemadam dari sektor genteng dan pusat kota datang ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Tim membawa dua unit mobil pemadam dan satu unit mobil penyuplai air. Praktis, tak ada hambatan dalam proses pemadaman.

“Proses pemadaman kurang dari sejam. Kebakaran berhasil dipadamkan pukul 14.20 WIB,” sambung dia.

Sutikno menjelaskan, selain rumah, kebakaran juga menyebabkan sebuah sepeda motor dan peralatan elektronik yang ada di rumah ikut terbakar.

“Total kerugian kami taksir sekitar Rp 100 juta,” katanya.

Sumber : jatim.tribunnews.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono