Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Rumah Warga di Banjarnegara Jebol Diterjang Longsor, Berikut Selengkapnya

BANJARNEGARA – Rumah bagian belakang milik salah satu warga di dusun Tembolan RT 1 RW 5 Desa Plorengan, Kecamatan Kalibening jebol akibat diterjang longsor.

Petugas Pusdalops BPBD Banjarnegara Budi Mulyawan mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk longsor terjadi pada Minggu 1 Mei 2022 pukul 14.00 WIB.

“Rumah milik Muhyanto (53 tahun) pada bagian belakang jebol akibat tertimpa longsoran tebing setinggi 10 meter, “ ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, menurut laporan yang masuk, kronologis kejadian bermula ketika hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi lebih dari 3 jam yang mengguyur wilayah desa Plorengan pada Minggu kemarin.

Akibatnya, bagian rumah jebol dan dapur seisinya beserta perkakas rusak akibat diterjang longsoran.

“Setelah kami melakukan pengecekan ke lokasi, penghuni berjumlah 6 jiwa sementara masih tinggal di rumah tersebut, namun jika hujan deras kami himbau untuk mengungsi ke rumah saudaranya,” imbuh Budi.

Sementara itu, kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh korban antara lain logistik permakanan, seng, triplek, perlengkapan dapur dan terpal untuk menutup area tebing.

Pihaknya bersama Dinas Sosial dan PMI telah melakukan koordinasi untuk dilakukan penanganan dan distribusi bantuan darurat untuk korban.