Polres Barsel – Wujud kesiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, Polres Barito Selatan (Barsel), Polda Kalteng, menggelar Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan di Mako Satsamapta Jalan Tugu, Jumat (2/2/2024) pagi.

Tactical Floor Game merupakan salah satu m skenario yang dirancang Polres Barsel dalam startegi pola pengamanan pada helatan pesta demokrasi agar personel dapat mengerti cara bertindak yang harus dilakukan.

Pelatihan TFG ini dipilih untuk memberikan gambaran terkait langkah-langkah yang harus dilakukan personel di lapangan pada saat pendistribusian logistik, pengamanan pemungutan maupun penghitungan suara pada 14 Februari mendatang.

Dalam simulasi kali ini, dihadiri oleh unsur Forkopimda, perwakilan instansi terkait, Ketua KPU dan Bawaslu serta pejabat utama Polres, dan personel pengamanan Pengamanan.

Kapolres Barsel AKBP Asep Bangbang Saputra, S.I.K., yang didampingi Kabagops AKP Nurtata, S.A.P. mengatakan, strategi yang sudah matang ini harus diterapkan dengan penuh rasa tanggung jawab dari segi deteksi dini, penempatan personel, pergeseran pasukan, pengendalian, cara bertindak serta pelaporan dalam pengamanan.

“Seluruh personel harus tau cara bertindak dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam setiap pelaksanaan pengamanan Pemilu serentak di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” kata Kapolres.

Dirinya menambahkan, tugas pengamanan ini tidak boleh dianggap sepele, setiap personel harus dan wajib memahami apa yang disampaikan, sehingga dalam pelaksanaan pengamanannya nanti, diharapkan sapat berjalan lancar dan terkendali. (bow)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng