BANYUWANGI – Lima Komisioner KPU Banyuwangi yang baru dilantik tancap gas menyiapkan tahapan Pilkada serentak, November mendatang. Salah satunya silaturahmi dengan kalangan media, Kamis (27/6/2024) sore.

Lembaga ini memastikan akan selalu terbuka dengan informasi. Sehingga, semua tahapan Pilkada bisa tersosialisasi dengan baik ke masyarakat. “Partisipasi pemilih pada Pemilu legeslatif dan Pemilu Presiden kemarin cukup baik. Ini salah satunya dari kolaborasi bersama media. Mari ini kita tetap pertahankan untuk publikasi,” kata Ketua KPU Banyuwangi Dian Purnawan.

Menurutnya, begitu dilantik, lima komisioner KPU Banyuwangi langsung bertugas. Kelimanya sudah terbagi sesuai devisi masing-masing. Saat ini, tahapan pilkada serentak masuk dalam pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih. Kegiatan ini dimulai 24 Juni – 24 Juli. “ Kita targetkan selesai sebelum batas waktu,” tegas Divisi Umum, Keuangan dan Logistik ini.

Selama coklit, sebanyak 5.134 petugas pendaftaran pemilih (pantarlih) diterjunkan. KPU Banyuwangi mantergetkan proses coklit selesai dalam tiga minggu. “ Saat ini tahapan coklit sedang berlangsung, targetnya tiga minggu,” kata Divisi Teknis Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Banyuwangi, Moh. Qowim.

Sebelumnya, lima Komisioner KPU Banyuwangi dilantik KPU Pusat di Jakarta, Kamis (13/6/2024) lalu. Dari kelimanya, dua diantaranya wajah baru dalam penyelenggaraan pemilu. Sisanya, wajah lama, termasuk incumbent.

Kelima personel KPU Banyuwangi terpilih itu masing-masing Dian Purnawan, Anang Lukman Afandi, Edi Saiful Anwar, Enot Sugiharto, dan Moh. Qowim. Dari kelimanya, Enot Sugiharto dan Moh. Qowim terbilang wajah baru. Sisanya, figur lama. Dian Purnawan adalah anggota KPU Banyuwangi periode 20019-2024. Sedangkan, Edi Saiful Anwar pernah menjabat anggota KPU Banyuwangi periode 2014-2019. Sementara, Anang Lukman pernah menjabat anggota Bawasalu Banyuwangi periode 2018-2023. Sedangkan, M.Qowim pernah bertugas sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan.

Sumber : www.pawartajatim.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi