SEMARANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, melakukan kunjungan silaturahmi dengan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Abdul Ghaffar Rozin di Kantor PWNU Jawa Tengah, Jalan Dr. Cipto Nomor 180, Semarang, Rabu (28/8/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo menyampaikan beberapa hal, termasuk upaya mempererat hubungan antara Polda Jawa Tengah dan PWNU Jawa Tengah. Sebagai Kapolda baru, Irjen Pol Wibowo menganggap penting untuk meminta doa restu dari para kiai dan ulama agar tugasnya dapat berjalan lancar dan Jawa Tengah tetap aman dan kondusif.

“Sebelum memulai tugas sebagai Kapolda Jawa Tengah, saya tentu harus meminta doa restu kepada para kiai dan ulama. Yang paling penting, saya memohon doa agar Jawa Tengah tetap aman, nyaman, kondusif, dan gayeng,” ujar Irjen Pol Wibowo kepada NU Online Jateng usai pertemuan.

PWNU Jawa Tengah menjadi salah satu lembaga non-pemerintah yang pertama kali dikunjungi oleh Kapolda Jawa Tengah dalam rangkaian silaturahminya. Mengenai isi pembicaraan dalam pertemuan tersebut, Kapolda menyatakan tidak ada hal lain yang dibicarakan selain silaturahmi dan meminta nasehat.

“Tidak ada pembicaraan lain, saya datang sebagai santri untuk ngangsu kawruh (menimba ilmu). Banyak nasehat yang diberikan oleh Gus Rozin terkait kehidupan, termasuk pentingnya menjaga netralitas dan amanah dalam menjalankan tugas sebagai Kapolda,” jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Gus Rozin. Ia menyatakan bahwa pembahasan dalam pertemuan tersebut mencakup pembangunan Jawa Tengah dan pentingnya menjaga kondusifitas, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Jawa Tengah dikenal sebagai daerah yang ramah. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk terjadi pergesekan yang tidak perlu saat Pilkada nanti,” ungkap Gus Rozin.

Gus Rozin menegaskan bahwa PWNU Jawa Tengah dan Polda Jawa Tengah memiliki komitmen bersama untuk menjaga kondusifitas di daerah. Silaturahmi ini menjadi bukti dari semangat kekeluargaan antara Polda dan NU Jawa Tengah.

“PWNU dan Polda Jawa Tengah berkomitmen untuk bersama-sama menjaga kondusifitas. Silaturahmi ini juga sebagai taaruf kelembagaan, dan alhamdulillah, PWNU menjadi lembaga non-pemerintah pertama yang dikunjungi oleh Pak Kapolda,” pungkasnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo