TEMANGGUNG — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak bus Angkutan Lebaran 2024. Para sopir dan kru bus juga menjalani tes urine untuk memastikan dalam pengaruh narkoba atau tidak.

Kepala Dinkes Kabupaten Temanggung Intan Pandanwangi mengatakan, pemeriksaan kesehatan awak bus dilakukan di Terminal Madureso dan di garasi perusahaan otobus (PO) Safari Dharma Raya (OBL). “Kami memastikan mereka siap kerja dan kondisi kesehatan yang prima,” kata dia, Rabu (3/4/2024).

Menurut Intan, pemeriksaan kesehatan awak bus ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan perjalanan Angkutan Lebaran, serta meminimalkan risiko kecelakaan. Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini meliputi, antara lain kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan tes buta warna.

Selain melakukan pemeriksaan, petugas juga melakukan edukasi kepada para awak bus dalam upaya menjaga kondisi kesehatan. “Untuk menjaga stamina kami juga memberi vitamin,” kata Intan.

Awak bus Angkutan Lebaran juga diminta menjalani tes urine. Pelaksanaan tes urine dilakukan petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung.

Salah satu sopir bus, Agus Cahyo, menilai pemeriksaan kesehatan ini membantunya dalam mempersiapkan diri untuk mengemudi. Ia bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

“Saya berangkat mengemudi Jumat. Saya mendapat vitamin untuk menjaga stamina. Kondisi kadar darah, asam urat, dan tekanan darah bagus. Saya juga negatif narkoba,” ujar Agus.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono