REMBANG – Polda Jateng |Kegiatan binluh P4GN sebagai tindak lanjut Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba Satresnarkoba Polres Rembang. Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba merupakan program yang digagas oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai langkah untuk melawan dan mengantisipasi serta meminimalisir peredaran narkoba di tanah air.

Berkaitan dengan program tersebut, jajaran Polres Rembang turut aktif dalam hal pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba bertempat di Balai Desa Karangsekar, kecamatan Kaliori, kabupaten Rembang, Rabu (05/06/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ka Dinpermades Kab Rembang diwakili Bp Nur sahet S stp, Camat Kaliori Bp. Desti Muryadi S.Hut,.MT, Kapolsek Kaliori diwakili Aiptu Karlan SH, Danramil Kaliori di wakili Pelda Teguh, Kanit II Sat Resnarkoba, Ipda Wahyu Bawono S.H., beserta anggota, Kepala Desa Karangsekar Bp Jasmani, Pendamping Desa Ibu Budi, Lembaga Masyarakat Desa Karangsekar Kec Kaliori, Karangtaruna Desa Karangsekar Kec Kaliori.

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Kaliori diwakili Aiptu Karlan SH menjelaskan, Desa Karangsekar dipilih sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba berdasarkan hasil koordinasi dengan kades dan perangkat desa serta tokoh masyarakat.

“Permintaan maaf Bpk kapolsek Kaliori tidak bisa hadir karena ada kegiatan di Polres. Dan mewakilkan kepada saya Aiptu Karlan SH untuk menyampaikan pesan beliau sbb; Kami berharap kepada bpk/ibu tolong yang hadir nanti diperhatikan apa yang nanti disampaikan pemberi materi sehingga mengetahui bentuk, jenis dan dampak dari Narkoba dan nanti bisa disampaikan ke tetangganya, putra putrinya, dan keluarganya. Bpk/ibu tolong yang punya putra putri tolong di perhatikan, barangkali putra putrinya mungkin di luar kota/ sedang kuliah atau kerja di luar kota, mohon di pantau/di kontrol kegiatannya mungkin setelah belajar/ kuliah di pantau apa yang di lakukan, jangan sampai salah pergaulan akan berbahaya. Karena putra putri bpk/ibu adalah aset negara yang harus kita rawat, lindungi dan pelihara. Sekali lagi apabila punya putra putri tolong di awasi putra putrinya jangan sampai terjerumus ke narkoba. Saya ucapkan terimakasih kepada desa karangsekar telah meluangkan waktu dan memberi tempat untuk giat hari. Saya haturkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada bpk/ ibu sekalian warga desa karangsekar, Saya selaku mewakili bhabinkamtibmas desa karangsekar telah mendampingi desa karangsekar selama ini Alhamdulilah belum ada yang menyalahgunakan narkoba baik pengedar maupun pemakai. Terima kasih pasca pemilu pilkada 2024 desa karangsekar terpantau aman terkendali,” Jelas Aiptu Karlan.

Sambutan Kepala Desa Karangsekar Bp Jasmani; Selamat datang dan terimakasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam rangka Sosialisasi Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di Desa Karangsekar Kec Kaliori.

“Mudahan acara pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar dan menambah ilmu bagi kita semua. Secara pribadi maupun pemerintahan mudahan dengan acara ini bisa menekan kasus narkoba dan tidak ada pengguna maupun pengedar di desa Karangsekar. Kami mohon maaf mungkin dalam penyambutan banyak sekali kekurangan sekali lagi kami mohon maaf,” Ucap Kades Karangsekar.

Pemaparan Materi dari Sat Resnarkoba Polres Rembang sebagai berikut :
1. Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya pencegahan dalam rangka penanggulangan peredaran Narkoba di Kab. Rembang.
2. Narkoba merupakan kejahatan Ekstra Ordinary Crime yaitu kejahatan luar biasa di lakukan secara sistematis, sarana serta teknologi canggih serta teroganisir, melibatkan antar negara.
3. Jenis Narkoba diantaranya Ganja, Heroin/putaw, sabu, ekstasi termasuk tembakau gorilla.
4. Penerapan pasal dan ancaman hukuman UU No. 35 Th 2009 ttg Narkotika. Narkotika terdiri dari 3 golongan:
– Gol 1 ada 65 jenis (ganja, kokain, metafitamin dst) di gunakan hanya untuk perkembangan ilmu pengetahuan.
– Gol 2 ada 86 jenis (morfin, metadon petidin, dst) di gunakan untuk pelayanan kesehatan dan ilmu pengetahuan.
– Gol 3 ada14 jenis (kodein, dst) di gunakan untuk pelayanan kesehatan dan ilmu pengetahuan.
4. Secara fisik ciri pecandu Narkoba Berat Badan turun dratis, kerusakan organ tubuh, mata cekung, merah, muka tirus pucat, bibir kehitaman, batuk pilek terus menerus, air mata keluar berlebihan, keringat berlebihan, tanda berbintik merah, aroma keringat yang kas, kegiatan yang berulang-ulang, terjadi kerusakan gigi.
5. Cara menghindari Narkoba dengan tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan YME, pendirian yang kuat dan berani menolak ajakan negative, memiliki tujuan hidup dan cita cita, jaga pola hidup sehat.

Kegiatan selesai pukul 15.00 wib berjalan dengan aman dan lancar.

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Nanang Haryono