Desember 3, 2022
Jawa Tengah
Berita Indepth Wawancara

Sosialisasi Safety Riding, Polisi Ingin Pelajar di Demak Paham Aturan Berlalulintas

Demak – Dalam mendukung keselamatan berkendara, Unit Dikyasa Satlantas Polres Demak menggelar kegiatan Police Goes to School di SMAN 01 Dempet Demak.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Pelajar Cerdas Taat Berlalu Lintas’ ini, bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi safety riding kepada pelajar di Kabupaten Demak.

Satlantas Polres Demak gencar memberikan edukasi safety riding ke berbagai golongan masyarakat, mulai dari TK hingga perguruan tinggi, komunitas sepeda motor dan berbagai perusahaan di Kabupaten Demak.

“Tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya. Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini diharapkan mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya,” ujar Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, saat ini tingkat kecelakaan lalulintas masih banyak didominasi oleh kalangan usia produktif. Untuk itu Polres Demak bersama instansi terkait bekerja sama dalam mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan pelajar melalui program Police Goes To School.

Lanjut Budi, jajaran Polres Demak dalam hal edukasi tidak pandang bulu, seluruh golongan masyarakat di upayakan mendapat edukasi safety riding. Khusus bagi siswa-siswi SMA sederajat, kami berupaya menanamkan benih pemahaman agar ketika dewasa menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib lalu lintas.

“langkah sosialisasi kepada kalangan pelajar merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan pelajar mengendarai sepeda motor, dengan harapan siswa-siswi tersebut bisa berkendara dengan aman dan selamat,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, pelajar sadar bahwa ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor serta etika dalam berlalu lintas.

“Untuk itu kami menghimbau orang tua agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor sampai cukup usia,” pungkasnya.