KARANGANYAR – Jajaran Polres Karanganyar menghentikan mobil bak terbuka yang tidak sesuai dengan spek yang mengangkut rombongan warga yang menggelar takbiran di Jalan Lawu pada Selasa (9/4/2024) malam.

Dari pantauan di lokasi, semula tim gabungan dari TNI-Polri dan instansi terkait tengah melakukan persiapan untuk menggelar patroli skala besar di depan Pos Terpadu yang berada di Alun-alun Kabupaten Karanganyar. Kemudian petugas melihat ada mobil bak terbuka yang tidak sesuai spek mengangkut rombongan takbiran di Jalan Lawu. Petugas lantas mengejar dan menghentikan kendaraan tersebut untuk kemudian dilakukan pembinaan.

Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy menyampaikan, kepolisian berupaya memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menggelar malam takbiran sesuai dari arahan pimpinan. Oleh karena itu pihaknya mengimbau masyarakat tidak melakukan konvoi dengan kendaraan tidak sesuai spek dan disarankan menggelar takbiran di wilayah masing-masing atau tempat ibadah.

“Setelah zoom dengan Kapolda Jateng didampingi Pj Bupati Karanganyar, kita melakukan patroli skala besar. Kita menemukan rombongan membawa kendaraan (bak terbuka tidak sesuai spek) dengan sound system dan di dalamnya ada pemuda yang bergelantungan (duduk di bagian atas),” katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa malam.

Kepolisian lantas menghentikan kendaraan tersebut untuk kemudian memberikan pembinaan kepada para pemuda sekaligus melakukan penilangan. Dia menjelaskan, kegiatan tersebut sangat membahayakan. Pasalnya berkaca dari kegiatan tahun sebelumnya, terangnya, ada seorang peserta takbiran yang meninggal dunia di wilayah Kecamatan Tasikmadu. Setelah melakukan pembinaan, lanjutnya, rombongan pemuda tersebut diangkut menggunakan truk milik Polres Karanganyar untuk selanjutnya diantar pulang ke rumah wilayah Desa Alastuwo Kecamatan Kebakkramat.

“Kita memberikan pelayanan mengantarkan rombongan ke wilayah asal menggunakan mobil milik polres. Kita tidak melakukan pengamanan terhadap rombongan tapi mengantarkan ke tempat asal,” terangnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono