BATANG – Bencana longsor melanda Dukuh Gunung Alang, Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang pada Jumat (19/1/2024) malam.

Akibatnya, jalan utama yang menghubungkan desa tersebut dengan kecamatan terputus dan beberapa rumah rusak.

Pemerintah Kabupaten Batang langsung bergerak cepat untuk menangani bencana tersebut.

Melalui Muspika Blado dan Kepala Desa, Pemkab Batang mengevakuasi warga yang terdampak dan membersihkan jalan yang tertimbun tanah longsor.

“Kami langsung turun ke lokasi dan melakukan evakuasi dan pembersihan jalan.”

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini,” ujar Plh. Camat Blado, Sutarno, Rabu (24/1/2024).

Sutarno menjelaskan, penyebab longsor adalah hujan deras yang terus menerus selama tiga hari.

Cuaca ekstrem dan angin kencang juga memperparah kondisi tanah di daerah tersebut.

“Kami sudah meninjau lokasi pada Sabtu (20/1/2024) siang dan memastikan bahwa area terdampak bisa segera ditangani, kami juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap bencana susulan,” jelasnya.

Untuk mempercepat penanganan bencana, Pemkab Batang berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk meminjam satu unit excavator.

Alat berat tersebut digunakan untuk membersihkan tanah yang menutup jalan utama menuju Dukuh Gunung Alang.

“Kami berharap, dengan bantuan excavator, jalan utama bisa segera dibuka kembali dan akses transportasi bisa normal lagi, kami juga terus memantau titik-titik rawan bencana di sekitar Desa Gerlang,” imbuhnya.

Selain itu, Pemkab Batang juga mendapat bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membantu perbaikan rumah warga yang rusak akibat longsor.

Beberapa atap rumah ambruk karena terkena angin kencang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah membantu perbaikan rumah warga. Kami juga mengapresiasi kerjasama antara Pemkab Batang, Muspika Blado, Kades, BPBD, dan masyarakat dalam menangani bencana ini,” pungkasnya.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Salafi Salamun, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong