SEMARANG – Popularitas Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi di masyarakat, rupanya membuat DPD Partai Golkar Jateng ingin meminangnya untuk dicalonkan sebagai Gubernur Jateng 2024.

Tak dipungkiri, elektabilitas orang pertama di jajaran Polda Jateng itu menduduki peringkat pertama berdasar survey yang diselenggarakan Kanigoro Survey dengan perolehan 25,5 persen.

Partai Golkar Jawa Tengah berencana menduetkan pejabat yang masih duduk sebagai Kapolda Jateng tersebut untuk disandingkan dengan kader internal partai yakni Wihaji, mantan Bupati Batang.

Pasangan Ahmad Luthfi – Wihaji dinilai tepat lantaran saling melengkapi satu dengan yang lain.

Ketua DPD Golkar Jateng, Panggah Susanto, menilai duet Ahmad Luthfi – Wihaji sebagai inisiatif yang bagus. Kedua sosok ini memiliki pengalaman di bidang masing-masing sehingga cocok untuk dipasangkan.

“Pak Kapolda maupun Pak Wihaji sama-sama sangat pantas untuk dipasangkan sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng. Punya pengalaman yang saling melengkapi. Tinggal bagaimana komunikasi dan koordinasi ke depan nantinya,” terang Panggah Susanto, Rabu (24/4).

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Jawa Tengah, M Iqbal Wibisono juga menilai wacana pasangan Ahmad Luthfi – Wihaji itu sangat bagus untuk menjadi alternatif disodorkan kepada masyarakat dalam Pilgub Jateng yang digelar Nopember 2024. Apalagi keduanya memiliki pengalaman di pemerintahan dengan latar belakang kiprah masing-masing.

“Pak Ahmad Luthfi banyak malang melintang di sektor Kamtibmas dan penegakan hukum, sementara Pak Wihaji sudah berpengalaman di birokrasi dan pemerintahan daerah karena pernah menjadi Bupati. Jadi ini pasangan yang bagus,” terang Iqbal saat dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, Ahmad Luthfi menjabat Kapolda Jateng sejak tahun 2020 dan merupakan sosok yang cukup populer di Jawa Tengah sehingga bisa menjadi modal dalam meraih dukungan politik masyarakat.

Ketua Bapilu itu juga menilai salah satu Perwira Tinggi Polri itu berhasil mewujudkan kondusifitas keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Jateng selama menjabat sebagai Kapolda.

sumber: suaramerdeka

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono