Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Tangkal Radikalisme dan Intoleransi, Pemalang Canangkan Kampung Pancasila

Pemalang – Desa Banjardawa kecamatan Taman, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Kamis (12/5/2022).

Pencanangan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati didampingi Forkopimda Pemalang, disaksikan OPD terkait, Kades se Kecamatan Taman dan Ormas.

Bupati Agung saat pencanangan berharap kampung pancasila ini dapat menanamkan jiwa, dan nilai – nilai pancasila kepada masyarakat dan generasi muda, sehingga peristiwa yang mencoreng yang menjadikan permasalahan – permasalahan di masyarakat seperti radikalisme, intoleransi, kerusuhan dan lain – lainnya, dapat terhindarkan sserta dapat terselesaikan.

Untuk itu pihaknya atas nama pemerintah Daerah memberikan apresiasi sebesar besarnya kepada Dandim 0711/ Pemalang dan seluruh jajaranya juga kepada Forkopimca Taman dan Pemerintah Desa Banjardawa yang telah melaksanakan kegiatan pencanangan kampung pancasila pada hari ini.

“Ini melibatkan seluruh masyarakat terutama generasi Samapi dengan generasi dini” tambah Agung.

Ditempat yang sama Dandim 0711/ Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah menyampaikan latar belakang pencanagan kampung pancasila itu pada dasarnya menyikapi atau mencermati lunturnya nilai-nilai pancasila dalam berbangsa dan bernegara khususnya untuk generasi muda.

“Sehingga ada perintah dari Presiden Jokowi untuk membumikan pancasila kepada masyarakat khususnya generasi muda, melalui kegiatan kegiatan yang sifatnya positif dan menyenangkan seperti seni, musik dan olahraga”, pungkasnya.