November 27, 2022
Jawa Tengah
Berita Indepth Jelajah Wawancara

Tekan Angka Kecelakaan di Pati, Jasa Raharja Gelar Safety Campaign

PATI – PT Jasa Raharja (Persero) menggelar kegiatan Safety Campaign Keselamatan Bertransportasi dan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (6/10/2022).

Sejumlah tokoh turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Dirut Jasa Raharja Rivan Purwantono, Senior Investigator Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Ahmad Wildan, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio, Pengacara Publik Azas Tigor Nainggolan, Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, dan Anggota Komisi V DPR RI Sudewo.

Selain itu, hadir juga Kapolres Pati AKBP Christian Tobing, Kasatlantas Polres Pati bersama jajaran, Dishub Pati, Kepala Jasa Raharja Pati Nurvi Murdiyanto, serta perwakilan kepala desa serta unsur masyarakat.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyampaikan apresiasinya terhadap Jasa Raharja yang telah menginisiasi kegiatan tersebut dan mampu menghadirkan para pakar di tingkat nasional.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan dan peserta yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti Safety Campaign ini.

“Berdasarkan data oleh Dirut Jasa Raharja bahwa angka kecelakaan di Kabupaten Pati merupakan peringkat kelima di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tentunya ini perlu mendapat perhatian mengingat 72 persen dari angka kecelakaan tersebut didominasi oleh remaja kelahiran tahun 2000-an,” ujar dia sesuai rilis Prokompim Setda Kabupaten Pati, Jumat (7/10/2022).

Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk memperhatikan kondisi tersebut.

Sebab keselamatan bertransportasi merupakan kebutuhan.

Keselamatan berstransportasi harus benar-benar direncanakan dengan baik, termasuk dari sisi sarana prasarana.

“Tentunya dalam forum ini, banyak yang kita dapat. Selain pemahaman tentang keselamatan bertransportasi, juga bagaimana masyarakat memahami bahwa kendaraan yang dimiliki atau digunakan telah sesuai dengan ketentuan,” kata dia.

Sementara, Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Pati.

Harapannya, masyarakat bisa mengetahui keselamatan berkendara dan diingatkan tentang pajak kendaraan bermotor.

Rivan berharap, masyarakat dapat menjadi pengendara yang baik dengan menjaga keselamatan.

Ia juga memberitahukan bahwa Pati masih berada di peringkat kelima angka kecelakaan terbesar se-Jawa Tengah.

Terdapat 5 kecamatan di Pati yang tercatat sebagai kecamatan dengan angka kecelakaan yang tinggi. Adapun 5 kecamatan itu ialah Pati, Tayu, Juwana, Margoyoso, dan Margorejo.

“Harapannya kita bisa mengedukasi masyarakat dengan baik sehingga peringkat 5 besar ini berangsur membaik. Tingkat kecelakaan yang tinggi pun semakin menurun,” kata dia.

Rivan menyebut, sampai dengan 2022, lima kecamatan dengan angka kecelakaan terbesar di Pati itu telah mencatatkan 374 kejadian kecelakaan yang melibatkan 634 kendaraan.

Senior Investigator Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Ahmad Wildan menyampaikan, Safety Campaign ini merupakan bagian dari sosialisasi-rekomendasi KNKT.

“Banyak masyarakat yang tidak memahami bahwa tidak semua sepeda motor atau kendaraan bisa digunakan di semua medan. Ini yang menjadi PR kita bagaimana kita memberikan edukasi kepada masyarakat, anak sekolah, bapak-bapak, ibu-ibu, bahwa terdapat jenis-jenis motor tertentu yang tidak boleh digunakan ke luar kota, atau bahkan naik gunung,” tutur dia.

Ia mengingatkan agar masyarakat memahami saat berlalu lintas jangan sampai nekat.

Misalnya, apabila jalan di depan tidak jelas terlihat, atau jarak pandang terbatas, harus ekstra hati-hati. Hal ini yang pihaknya akan terus sosialisasikan dan edukasikan kepada masyarakat.