Purbalingga – Bayi laki-laki terbungkus plastik ditemukan warga di Dusun Sirongge, Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga. Saksi mengaku awalnya mendengar suara tangisan dari arah belakang rumah.
Bayi ditemukan pertama kali oleh saksi bernama Muhammad Reza (29) dan istrinya, Yuli (25) pada Selasa (14/5) sekitar pukul 19.30 WIB.

“Saksi yang merupakan suami istri mendengar suara bayi menangis dari belakang rumah. Saat dilakukan pengecekan ditemukan ada bungkusan plastik yang di dalamnya terdapat bayi masih dalam keadaan hidup,” kata Kapolsek Purbalingga, AKP Setiadi melalui siaran persnya, Rabu (15/5/2024) dini hari.

Saat bayi ditemukan, tali pusar masih menempel. Saksi langsung melapor ke Ketua RT dan diteruskan ke kepolisian.

“Bayi tersebut dievakuasi ke RSUD Goetheng Taroenadibrata Purbalingga untuk mendapatkan perawatan. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Purbalingga,” jelasnya.

Petugas kepolisian yang datang kemudian mengamankan TKP. Selanjutnya bersama Inafis Polres Purbalingga melakukan pemeriksaan serta olah TKP dan meminta keterangan saksi.

Setiadi menyebut, dari hasil pemeriksaan dokter, kondisi bayi dalam keadaan sehat dengan berat badan 1,78 kilogram dan panjang 44 sentimeter.

“Dokter memperkirakan kondisi bayi baru dilahirkan kisaran dua jam sebelum ditemukan warga,” jelasnya.

Kepolisian selanjutnya melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus pembuangan bayi itu.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono