September 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Terminal Banjarnegara Dipadati Ribuan Penumpang Arus Balik

BANJARNEGARA – Ribuan calon penumpang bus yang akan kembali ke perantauan memadati terminal induk Banjarnegara pada Minggu 8 Mei 2022.

Berdasarkan pantauan tim banjarnegaraku.com penumpukan ribuan calon penumpang tersebut dikarenakan keterlambatan jadwal masuk bus ke terminal.

Salah seorang petugas agen bus di terminal induk Banjarnegara wahyu mengatakan, kebanyakan armada pengangkut pada arus balik lebaran masih berjibaku dengan kemacetan di perjalanan.

“Kami tidak bisa memastikan kedatangan bus, karena semua masih terjebak macet di perjalanan,” ujarnya.

Penumpukan penumpang dan keterlambatan kedatangan bus memang acap kali terjadi saat arus balik lebaran, mengingat volume dan intensitas kendaraan dijalan raya mempengaruhi moda transportasi umum.

Sementara itu, petugas terminal Induk Banjarnegara, Dani mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang akibat keterlambatan kedatangan bus.

“Kami mengantisipasinya dengan menyediakan tempat untuk beristirahat para penumpang, sehingga mereka masih bisa terkondisikan dengan pengamanan ketat dari petugas gabungan Operasi Ketupat Candi 2022,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, kepadatan penumpang arus balik sudah terjadi sejak Jumat kemarin dengan rata-rata arus balik yang naik dari terminal Induk Banjarnegara sekitar 5 ribu penumpang.

Jumlah tersebut belum termasuk calon penumpang yang naik dari agen yang ada di wilayah Banjarnegara,seperti dari terminal Karangkobar, Mandiraja, Klampok, maupun daerah lain di Banjarnegara.