SALATIGA – Dalam rangka memfasilitasi para pemudik yang sampai di Terminal Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) saat perayaan hari raya Idulfitri, pihak terminal Tingkir menyediakan tempat untuk melaksanakan salat Idulfitri di halaman terminal.

Pelaksanaan salat di terminal itu merupakan yang pertama setelah beberapa tahun lalu vakum karena adanya pandemi Covid-19. Pelaksanaan itu juga sebagai bentuk kepedulian pihak terminal untuk pemudik agar tetap bisa menunaikan ibadah salat Idulfitri meski dalam perjalanan pulang kampung.

Hal itu diungkapkan Kepala Terminal Tingkir Salatiga, Vicky Chandra Yanuar. Pelaksanaan salat Idulfitri itu diinisiasi oleh takmir masjid terminal. Diakuinya, antusias masyarakat sekitar dan pemudik untuk pelaksanaan salat Idulfitri cukup tinggi.

“Memang ini merupakan hal yang baru, karena antusias masyarakat sekitar juga tinggi sekali untuk mengikuti salat Idulfitri. Kebetulan lokasi Terminal Tingkir juga sangat strategis. Apabila pemudik belum sampai ke rumah bisa langsung salat di terminal,” kata Vicky kepada Solopos.com Senin (8/4/2024).

Dia menyampaikan untuk kapasitas lahan parkir yang akan digunakan untuk salat Idulfitri di terminal bisa menampung setidaknya 300 orang. Namun melihat situasi, jika jemaah membludak bisa ditambah lagi hingga mencapai 500 orang.

“Kita gunakan kantong parkir, jika banyak jemaah bisa ditambah lagi ke sisi kanan kiri terminal,” terang Vicky.

Diharapkan para pemudik bisa memanfaatkan salat Idulfitri yang diselenggarakan pihak Terminal Tingkir. Kegiatan ini juga untuk menyemarakkan kembali Terminal Tingkir, yang saat ini tidak hanya menjadi tempat transportasi, tetapi bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono