November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita

Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Katpuan Apkowil

DEMAK – Kodim 0716/Demak menggelar Latihan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil).

Dalam rangka memelihara dan meningkatkan penguasaan wilayah serta profesionalisme prajurit guna menunjang pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan.

“Melalui kegiatan peningkatan kemampuan apkowil tersebar kami tingkatkan Profesionalisme apkowil dalam mengimplementasikan kegiatan pembinaan teritorial untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di wilayah,” kata Komandan Kodim 0716/Demak yang diwakili Kepala Staf Kodim ( Kasdim) Mayor Inf Supriyono di Aula Makodim Jalan Kyai singkil No 01 Kabupaten Demak, Senin (14/11/2022).

Kasdim Demak mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk membekali serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personil aparat komando kewilayahan dalam pelaksanaan Binter.

Suasana Kodim Demak lakukan latihan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil) dilaksanakan di Aula Makodim Jalan Kyai singkil No 01 Kabupaten Demak, Senin (14/11/2022).
Suasana Kodim Demak lakukan latihan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil) dilaksanakan di Aula Makodim Jalan Kyai singkil No 01 Kabupaten Demak, Senin (14/11/2022).

“Sehingga diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan dalam mendeteksi, mengenali, menganalisa dan mengambil tindakan terhadap perubahan dan perkembangan dinamika di wilayah, guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh,” ujarnya.

Menurutnya, aparat komando kewilayahan dalam melaksanakan Binter dituntut mempunyai kemampuan yang baik guna meraih kepercayaan masyarakat. Agar kegiatan ini berjalan sesuai yang diharapkan, ada beberapa penekanan yang disampaikan yaitu :

“Meningkatnya pemahaman dan kemampuan Apkowil dalam mengaplikasikan pembinaan teritorial pada pelaksanaan tugas pemulihan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Lanjut Kasdim,  meningkat kemampuan Apkowil dalam menyikapi potensi ancaman di wilayah dan kemampuan Apkowil tentang menjaga kondusifitas wilayah.

“Meningkatnya kemampuan Apkowil dalam mendeteksi dan melakukan langkah preventif terhadap kemungkinan ancaman di wilayah,” jelasnya.

Dengan pelatihan ini Kasdim meminta para Apkowil dalam melakukan prosedur hubungan komunikasi antar instansi guna menjamin pencapaian tujuan dan sasaran Binter.

”Diharapkan para Apkowil dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam melaksanakan Binter di wilayah binaan, dihadapkan dengan perubahan dan dinamika di wilayah guna mewujudkan keutuhan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh,” tandas Kasdim Mayor Inf Supriyono.