BeritaHeadlinesJelajah

TMMD Sengkuyung Tahap III 2022, Rawat Kebersamaan dan Kebangsaan

SALATIGA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 di beberapa wilayah di Jawa Tengah, resmi dimulai, Selasa (11/10/2022). TMMD Sengkuyung ini diharapkan dapat menjadi upaya untuk merawat kebangsaan dan kebersamaan, serta konsolidasi yang erat antara masyarakat dengan TNI untuk membangun desa.

“Program kerja yang hari ini dicanangkan akan dimulai dan terus mewarnai kehidupan bermasyarakat. Sebuah gawe yang paripurna dan jangan hanya seremoni. TMMD ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, dan bisa langsung dirasakan oleh mereka. Kebersamaan dan kemanunggalan itu hadir bersama TNI, Polri, Satpol PP, ASN, pelajar, mahasiswa, dan tokoh masyarakat,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, saat pembukaan TMMD di Lapangan Jayengrono Kauman Kidul, Sidorejo Salatiga, Selasa (11/10/2022).

Sinoeng mendorong seluruh pihak agar mau memberikan peran yang kontributif, untuk membangun desa.

“Kebermanfaatan dan makna TMMD ini sudah tidak diragukan lagi. Manfaatnya sungguh besar, jajah desa milang kori, semua desa sudah diambah. Tinggal kita merawat dan melanjutkan hal fisik dan nonfisik, yang langsung menyentuh kepada persoalan wilayah, seperti masalah stunting misalnya,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan TMMD Tahap III ini dimulai dengan kegiatan Pra-TMMD mulai tanggal 1-10 Oktober 2022, kemudian pelaksanaan TMMD mulai 11 Oktober-9 November 2022. Sasaran fisik berupa pembangunan betonisasi jalan dengan panjang 300 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 15 cm di Kelurahan Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo.

Sementara, sasaran nonfisik berupa penyuluhan wawasan nusantara, narkoba dan kamtibmas, kesehatan stunting, pemberdayaan perempuan dan anak. Untuk kegiatan TMMD, membutuhkan anggaran Rp271.449.000, yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp194.000.000, dan APBD Kota Salatiga sebesar Rp77.449.000.

Dedikasi Terbaik

Sementara itu, di Temanggung, Pembukaan TMMD dilakukan di Lapangan Dusun Wungu Sari, Desa Lowungu, Kecamatan Bejen, di wilayah ujung utara kabupaten, Selasa (11/10/2022). Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan, TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 adalah bagian dari upaya merawat kebangsaan dan mengikat kebersamaan.

“TMMD kali ini mengangkat tema ‘Dedikasi Terbaik Membangun NKRI’. Apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini, tema tersebut sangatlah tepat, di saat bangsa ini harus bangkit setelah terkena berbagai dampak dengan adanya pandemi Covid 19 yang telah melemahkan roda perekonomian di berbagai sektor, terutama di masyarakat, ” katanya.

Khadziq berharap dengan program TMMD ini bisa membangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa. Program TMMD juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi lingkungan, dan memantapkan kerukunan antarmasyarakat, sekaligus meningkatkan kesehatan warga.

Adapun sasaran kegiatan TMMD Temanggung antara lain, berupa sasaran fisik utama pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang 875 meter, lebar 2×1,5 meter, tinggi 0,15 meter. Kemudian pembangunan talud penahan jalan dengan volume panjang 20 meter, tinggi 1,5 meter, lebar 0,40 meter, sasaran fisik tambahan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak satu unit, atas nama Sahardi RT 03/03 di Dusun Kecer, Desa Lowungu.

Kemudian untuk sasaran kegiatan nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara dari Kodim 0706/Temanggung, kegiatan terkait ketenteraman dan ketertiban masyarakat dari Polres Temanggung. Penyuluhan kesehatan dari Dinkes dan DPPPAPPKB Kabupaten Temanggung, serta pelatihan dari DPRKPLH.

Cor Jalan Penghubung Dusun

TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap III TA 2022 Kodim 0727/Karanganyar akan dilaksanakan, di Desa Jatikuwung Kecamatan Gondangrejo. Dengan sasaran berupa fisik dan nonfisik, yaitu talud dan pengecoran jalan sepanjang 612 meter.

Sasaran fisik pembangunan pembuatan talud dan pengecoran jalan penghubung dusun yang masih berupa tanah sepanjang 612 meter, dengan lebar 3 meter, dan ketebalan 0,12 meter.

Melalui TMMD, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto berharap, timbulnya gelora semangat persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada.

“Mari kita bangun sarana dan prasarana di masyarakat desa. Harapan saya, aneka program yang menggugah masyarakat Indonesia, dapat menjadikan kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik,” ujar Rober.

Related Posts

1 of 22,078