Banjarnegara – Polres Banjarnegara menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonedia Emas 2045” di Halaman Mapolres Banjarnegara, Sabtu (1/6/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakapolres Banjarnegara Kompol Purbo Adjar Waskito, SIK, MH yang diikuti oleh PJU Polres Banjarnegara, Kapolsek jajaran Polres Banjarnegara, perwira staf, anggota Polres dan perwakilan Polsek jajaran serta PNS Polres Banjarnegara.

Kegiatan ini diawali dengan pengibaran bendera merah putih, kemudian mengheningkan cipta, pembacaan teks pancasila, pembacaan pembukaan undang-undang dasar tahun 1945, amanat inspektur upacara dan pembacaan doa.

Dalam amanatnya, Kompol Purbo Adjar Waskito, SIK, MH menekankan bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” katanya saat menyampaikan amanat.

Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 ini, ia berharap seluruh personel Polres Banjarnehara dapat terus menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam setiap langkah dan tindakan, selain itu Pancasila menyatukan semua dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia, ” tandasnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Nanang Haryono, Jawa Tengah, Jateng