Banyuwangi  – Pasca libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha, antusias masyarakat dalam memanfaatkan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling yang dilakukan Satlantas Polresta Banyuwangi cenderung sepi.

Saat membuka layanan pada Rabu (19/6) di Kantor Kecamatan Singojuruh, mobil bus SIM keliling yang biasanya selalu dipadati warga, tampak lengang.

“Biasanya setelah libur panjang warga banyak yang memperpanjang SIM, kali ini tidak,” ungkap Konik, warga Singojuruh.

Sepinya layanan SIM keliling, membuat warga menjadi senang. Dalam hitungan kurang dari lima menit, perpanjangan SIM sudah selesai dan bisa memegang SIM baru.

“Alhamdulillah, pelayanannya mudah, cepat dan bayarnya juga murah,” ungkap salah seorang pemohon perpanjangan SIM, Zainal Abidin, 45, warga Dusun Pecemengan Desa/ Kecamatan Blimbingsari.

Menurut Zainal, layanan SIM keliling itu sangat membantu masyarakat. Apalagi, yang berprofesi sebagai nelayan seperti dirinya. “Saya tadi sempat menunggu di Kantor Kecamatan Rogojampi, setelah lihat jadwalnya ternyata di Kecamatan Singojuruh,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Yanto, 52, warga Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh. Proses layanan perpanjangan SIM keliling harus dipertahankan.

Karena mobil layanan tersebut sangat membantu masyarakat. “Kalau pekerja seperti saya butuh cepat, dan layanan mobil SIM keliling ini enak, mudah, syaratnya juga tidak ribet, dan layanannya cepat. Datang, antre sebentar, foto langsung jadi dan bisa pulang,” tegasnya.

Dia berharap mobil layanan ini bisa terus dilakukan setiap pekan secara bergiliran. Sehingga, bisa menjangkau warga yang berada di daerah terpencil, dan tidak perlu jauh-jauh datang ke kota. “Jelas kami merasa terbantu dengan inovasi layanan ini,” terangnya.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Amar Hadi Susilo mengatakan, bus SIM keliling itu inovasi layanan Satlantas Polresta Banyuwangi untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan perpanjangan SIM.

Selain itu, lanjut dia, inovasi layanan ini juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kelengkapan saat berkendara.

“Kita jemput bola, untuk warga yang ingin memperpanjang SIM, kita permudah dan dekatkan. Dalam sehari bisa memberikan layanan hingga 40 orang pemohon,” katanya.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi