Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Usai Lebaran Pemohon SKCK Meningkat, Berikut Syarat Lengkap Pembuatan SKCK di Polres Banjarnegara

BANJARNEGARA – Angka permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Banjarnegara dalam beberapa hari ini mengalami kenaikan yang signifikan.

Kenaikan tersebut terjadi pasca libur lebaran 1443 Hijriah, dimana masyarakat membutuhkan SKCK sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Henri Yulianto melalui Kasatintel, AKP TS Margo mengatakan, pelayanan SKCK mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa hari terkahir.

“Hari pertama pelayanan pada Senin 9 Mei 2022, ada 193 orang pemohon SKCK, hari selanjutnya meningkat dratis mencapai 435 orang,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, pada hari biasa jumlah pemohon hanya berkisar 70 orang, terdapat kenaikan pada saat moment tertentu seperti penerimaan ASN dan lowongan pada BUMD atau BUMN.

Untuk mengantisipasi membludaknya permintaan dan penumpukan, jajaran Polres Banjarnegara menambah petugas melayani permohonan SKCK agar layanan bisa dilakukan secara cepat.

Terkait persyaratan bagi pemohon SKCK baru, pemohon harus membawa surat pengantar dari desa serta Polsek, pas foto 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang foto warna merah.

Selain itu, pemohon SKCK juga diwajibkan untuk membawa bukti telah melakukan vaksinasi minimal 2 dosis.

“Kami juga menyedikan gerai vaksin untuk pemohon yang belum melakukan vaksin ke tiga atau booster,” lanjutnya.

Pihaknya menambahkan, saat ini salah satu syarat untuk melamar kerja pada perusahaan adalah telah melakukan vaksinasi ke tiga atau booster.