Jembrana – Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.Si. mengadakan kegiatan “Lapor Ngabuburit Bli” di Masjid An Nur Desa Banyubiru, Selasa (26/3/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk menunggu Azan Magrib bersama masyarakat Jembrana dan menjalin tali silaturahmi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Negara, Kasat Binmas, Kasat Lantas Polres Jembrana, Perbekel Desa Banyubiru, tokoh agama, tokoh masyarakat, Babinkamtibmas Banyubiru, dan masyarakat Desa Banyubiru.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Takmir Masjid An Nur Desa Banyubiru, dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolres Jembrana yang mengucapkan terima kasih atas kehadiran masyarakat. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyerap informasi dan aspirasi masyarakat yang dapat ditindaklanjuti oleh Polres Jembrana dan Polsek Jajarannya,” ucapnya.

Kapolres juga meminta dukungan masyarakat untuk menjaga situasi Kamtibmas agar kondusif, terutama saat Polri mengadakan Operasi Ketupat saat Idul Fitri.

“Saya mohon dukungannya dari masyarakat Jembrana nanti disaat Kepolisian mengadakan Operasi Ketupat dimana umat muslim merayakan hari raya yang pasti masyarakat akan banyak yang melakukan tradisi mudik, yang barang tentu ada peningkatan mobilitas lalulintas, mari kita bekerja sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif,” pesan Kapolres.

Dalam sesi tanya jawab di mana Takmir Masjid Anur menyampaikan kebutuhan pengamanan saat pelaksanaan PHBI dan pertanyaan terkait berkendara saat akan sholat. “Apakah boleh dalam berkendara sepeda motor pada saat mau sholat atau sembahyang hanya menggunakan peci atau udeng?

Tanggapan Kapolres menyatakan bahwa kami dari Kepolisian akan membantu dalam pengamanan kegiatan masjid. “Terkait dengan berkendara saat akan sholat/sembahyang harus mematuhi peraturan keselamatan. Tetap kewajibannya harus menggunakan helm, tidak boleh menggunakan peci atau udeng demi keselamatan para pengendara yang mana untuk melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan,” jelas Kapolres.

Kegiatan berlanjut dengan berbuka puasa bersama, melaksanakan Sholat Magrib, serta sesi foto bersama sebelum acara ditutup dengan pembacaan doa.

 

Polda Bali, Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., Kabidhumas Polda Bali, Polres Jembrana, Kapolres Jebrana, AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.Si., Lapor Ngabuburit Bli