SEMARANG – Hotel Grasia Semarang menjadi saksi penting bagi pertemuan yang penuh makna antara Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan pengurus Sentra Komunikasi (Senkom) se Jawa Tengah.

Acara yang dihelat pada hari Senin (22/4/2024) ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Jawa Tengah.

Dirbinmas Polda Jateng, Kombes Pol Lafri Prasetyono, memimpin kegiatan pembinaan kamtibmas yang melibatkan anggota Senkom serta Bhabinkamtibmas dari berbagai polres di Jawa Tengah.

Kegiatan ini menjadi wadah bagi para peserta untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang peran serta masyarakat dalam menciptakan harkamtibmas (keamanan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat).

Dalam suasana yang penuh keakraban, tampak hadir Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang memberikan pengarahan langsung kepada para peserta.

Pendekatan yang humanis dan mendalam disampaikan oleh Kapolda, menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Didampingi oleh Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kapolda memberikan arahan yang menginspirasi tentang arti sebenarnya dari keamanan dan ketertiban.

“Kamtibmas bukan hanya tanggung jawab aparat kepolisian semata, namun juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat,” ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan tegas.

Para peserta, yang terdiri dari anggota Senkom dan Bhabinkamtibmas, diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pemahaman mereka mengenai berbagai tantangan dalam menjaga kamtibmas di masyarakat.

Pengarahan dan pembinanaan ini berlangsung hangat dan interaktif ini menjadi momentum penting untuk saling bertukar informasi dan pengalaman guna meningkatkan efektivitas upaya pencegahan kriminalitas.

Kombes Pol Lafri Prasetyono, Direktur Binmas Polda Jateng, turut memberikan kontribusi penting dalam kegiatan ini.

Dengan pengalamannya yang luas dalam bidang pembinaan masyarakat, beliau mengajak semua pihak untuk bersatu padu dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Jawa Tengah.

Sebelumnya Ketua Umum Senkom Mitra Polri, K.P.H.Katno Hadi SE, MM memberikan sambutan dengan kegiatan ini dirinya berharap Senkom Mitra Polri selalu bisa memberikan kontribusi bagi Polri, masyarakat dan bangsa Indonesia tercinta ini.

Acara ini bukan hanya sekadar pertemuan formal, namun juga merupakan momen ‘halal bi halal’ antara Kapolda Jawa Tengah dan pengurus Senkom se Jawa Tengah. Suasana kekeluargaan dan kebersamaan terasa kental, memperkuat ikatan emosional antara aparat kepolisian dan masyarakat.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, sinergi antara kepolisian dan masyarakat semakin kuat dan berkelanjutan. Kolaborasi yang baik akan membawa dampak positif dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat di Jawa Tengah, sehingga tercipta lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua pihak.

sumber: TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono