Banyumas – Pengelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata Kabupaten Banyumas memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke wilayah Banyumas terjadi pada Jumat-Sabtu, 12-13 April 2024.

Pasalnya, hingga saat ini lonjakan jumlah wisatawan belum terlihat pada objek-objek yang dikelolanya.

Pimpinan BLUD Pariwisata, Yanuar Pratama mengatakan, jumlah kunjungan terbanyak diperkirakan terjadi pada Jumat atau Sabtu akhir pekan ini.

“Nomor dua Lokawisata Baturraden dan ketiga Menara Pandang. Prediksinya di puncak libur Lebaran bisa di angka 10.000 orang dalam sehari,” kata Yanuar, Selasa, 9 April 2024.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan pengunjung pada puncak libur Lebaran.

Contohnya dengan mengatur arus keluar masuk kendaraan dan penataan parkir.

“Flow arus parkir kami buka lahan di sebelah Taman Apung Mas Kemambang, kemudian untuk di dalam kami atur agar keluar masuk pengunjung lebih lancar,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro mengingatkan pengelola objek wisata terutama yang beresiko menengah dan tinggi seperti kolam renang dan sepeda air untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Saya minta semuanya disiapkan life jacket. Setelah evaluasi tadi memang sudah disiapkan ban, tapi itu tidak cepat. Karena itu harus disiapkan (life jacket),” katanya saat mengecek persiapan musim libur Lebaran di Lokawisata Baturraden.

Selain itu, dia meminta untuk menambah personel penyelamat atau rescue.

Mereka ditempatkan di lokasi yang strategis maupun beresiko menengah dan tinggi tadi contohnya di Jembatan Sungai Gumawang komplek Lokawisata Baturraden.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono